Surat As-Saffat Ayat 86

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَئِفْكًا ءَالِهَةً دُونَ ٱللَّهِ تُرِيدُونَ

Arab-Latin: A ifkan āliḥatan dụnallāhi turīdụn

Artinya: Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?

« As-Saffat 85As-Saffat 87 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Mengenai Surat As-Saffat Ayat 86

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 86 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan pelajaran mendalam dari ayat ini. Didapati sekumpulan penafsiran dari kalangan mufassirun berkaitan makna surat As-Saffat ayat 86, di antaranya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

83-87 Diantara pengikut nuh yang berjalan diatas manhaj dan agamanya adalah nabiyullah Ibrahim, saat dia datang kepada tuhannya dengan membawa hati yang bersih dari segala akidah sesat dan akhlak tercela saat dia berkata kepada bapaknya dan kaumnya dengan penuh pengingkaran “apa yang kalian sebah selain Allah itu? apakah kalian ingin menyembah tuhan-tuhan buatan dan meninggalkan ibadah kepada Allah yang berhak untuk disembah semata? lalu apa dugaan kalian terhadap apa yang akan dilakukan oleh raabbul alamin bila kalian menyekutukannNya dengan menyembah selainNya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

86. Apakah tuhan-tuhan bohong itu yang kalian sembah selain Allah?


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

86. أَئِفْكًا ءَالِهَةً دُونَ اللهِ تُرِيدُونَ (Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?)
Apakah kalian menghendaki tuhan-tuhan selain Allah hanya karena kebohongan yang besar?
Makna (الإفك) yakni kebohongan yang paling busuk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

86. Apakah kalian menghendaki “Ifkun” yaitu seburuk-buruknya dusta. Hamzah tersebut adalah istifham taubikhi. Apakah kalian menghendaki tuhan selain Allah hanya karena dusta?. Maknanya adalah apakah yang kalian lakukan berupa menjadikan Tuhan selain Allah itu benar, bukan karena dusta?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah kebohongan} Apakah kebohongan {dengan sembahan selain Allah yang kalian kehendaki} yang kalian sembah


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

85-87. Di antara kesuciannya adalah ia suci dari sifat curang dan dengki terhadap manusia dan dari sifat-sifat (akhlak) yang buruk lainnya. Maka dari itu beliau telah berhasil menasehati manusia karena Allah, dan ia mulai dari ayahnya dan kaumnya. Allah berfirman, “ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, ‘Apakah yang kamu sembah itu?’” ini adalah bentuk pertanyaan dengan maksud mengingkari dan mengukuhkan hujjah (argument) kepada mereka.
“Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?” maksudnya, apakah kalian menyembah selain tuhan-tuhan secara dusta, padahal mereka bukan Tuhan dan ia tidak pantas disembah?!
“Maka apakah anggapanmu terhadap Rabb semesta alam,” kalau DIa bertindak terhadap kalian, sedangkan kalian telah menyembah selain DIa?! Ini adalah suatu peringatan keras bagi mereka akan balasan dengan azab jika mereka terus melakukan kesyirikan! Kekurangan (kelemahan) apa yang kalian duga terhadap Allah Tuhan semesta alam hingga kalian menjadikan tandingan dan sekutu bagiNYa?!


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-87
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh) (83)) dia berkata yaitu termasuk pemeluk agamanya.
Mujahid berkata, berada dalam tuntunan dan sunnahnya ((Ingatlah) ketika ia datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci (84)) Al-Hasan berkata bahwa yang dimaksud adalah yang bersih dari kemusyrikan.
Firman Allah SWT: ((ingatlah) ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, "Apakah yang kamu sembah itu?” (85)) Nabi Ibrahim mengingkari penyembahan mereka kepada berhala dan tandingan-tandingan itu. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong? (86) Maka apakah anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam? (87)) Qatadah berkata bahwa makna yang dimaksud adalah tidaklah dugaan kalian terhadap apa yang akan Dia lakukan terhadap kalian jika kalian menjumpaiNya, sedangkan kalian telah menyembah kepada selainNya?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 86: Maka ketika Ibrahim melihat mereka menggantungkan (ibadahnya) kepada bintang-bintang dan berhala-berhala, Ibrahim berkata dengan pengingkaran : Apakah kalian menjadikan sesembahan ini dan mengibadahi selain Allah, dan kalian mengharapkan padanya kebaikan dan syafaat, dan kalian meninggalkan penghambaan kepada Allah saja yang Maha Esa yang berhak diibadahi tanpa menyekutukan-Nya?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Bisa juga maksudnya, apakah kamu menyembah tuhan-tuhan selain Allah yang sebenarnya bukan tuhan dan tidak pantas diibadahi?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 86

Apakah kamu menghendaki kebohongan dengan sesembahan selain Allah itu sehingga kamu menganggap benar apa yang kamu lakukan' 87. Hanya Allah yang patut disembah. Maka, bagaimana anggapanmu terhadap tuhan seluruh alam jika kalian mengingkari-Nya, bahkan menyembah selain dia'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penjelasan dari berbagai mufassir mengenai isi dan arti surat As-Saffat ayat 86 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita bersama. Dukunglah syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dikaji

Nikmati banyak materi yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 10-12, Al-Mu’minun, Al-Insyirah 8, Ath-Thalaq 2-3, At-Taubah 122, Al-Alaq 1-5. Ada pula Al-Baqarah 148, Al-Insyiqaq, Al-Isra 26-27, At-Tahrim 8, At-Taubah 105, At-Takwir.

  1. Al-Hujurat 10-12
  2. Al-Mu’minun
  3. Al-Insyirah 8
  4. Ath-Thalaq 2-3
  5. At-Taubah 122
  6. Al-Alaq 1-5
  7. Al-Baqarah 148
  8. Al-Insyiqaq
  9. Al-Isra 26-27
  10. At-Tahrim 8
  11. At-Taubah 105
  12. At-Takwir

Pencarian: qs al fatir ayat 1, alhamdulillah tulisan arabnya, surat al anfal ayat 8, ayat 6, surat alfalaq dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: