Surat As-Saffat Ayat 87

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَمَا ظَنُّكُم بِرَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Fa mā ẓannukum birabbil-'ālamīn

Artinya: Maka apakah anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam?"

« As-Saffat 86As-Saffat 88 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Dengan Surat As-Saffat Ayat 87

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 87 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penafsiran dari banyak ulama terhadap isi surat As-Saffat ayat 87, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

83-87 Diantara pengikut nuh yang berjalan diatas manhaj dan agamanya adalah nabiyullah Ibrahim, saat dia datang kepada tuhannya dengan membawa hati yang bersih dari segala akidah sesat dan akhlak tercela saat dia berkata kepada bapaknya dan kaumnya dengan penuh pengingkaran “apa yang kalian sebah selain Allah itu? apakah kalian ingin menyembah tuhan-tuhan buatan dan meninggalkan ibadah kepada Allah yang berhak untuk disembah semata? lalu apa dugaan kalian terhadap apa yang akan dilakukan oleh raabbul alamin bila kalian menyekutukannNya dengan menyembah selainNya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

87. Wahai kaumku! Apa anggapan kalian terhadap Allah Rabb alam semesta jika kalian menghadap kepada-Nya sementara kalian menyembah selain-Nya? Menurut kalian, apa yang akan Dia lakukan terhadap kalian?”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

87. فَمَا ظَنُّكُم بِرَبِّ الْعٰلَمِينَ (Maka apakah anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam?”)
Yakni jika kalian telah menghadap-Nya dalam keadaan kalian menyembah selain-Nya, bagaimana menurut kalian, apa yang akan Dia lakukan terhadap kalian?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). Siapapun yang merenungkan topik ini dengan cermat akan mengetahui bahwa berbaik sangka kepada Allah ta'ala adalah perbuatan baik itu sendiri. Sesungguhnya hal yang paling besar memotivasi seorang hamba untuk beramal shaleh karena keyakinannya bahwa Rabbnya akan memberi pahala atas amalnya dan menerimanya, karena yang membawanya untuk beramal adalah prasangka baiknya, maka setiap kali prasangkanya baik akan baik amalannya.

2 ). Keyakinan kepada Allah membelahkan untuk Musa lautan, dan mendinginkan api untuk Ibrahim, dan menyelamatkan Muhammad di dalam gua.. Keyakinan kepada Allah ini hanya dapat dirasakan manisnya oleh mereka yang mengenal Allah!


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

87. Apakah anggapan kalian tentang Tuhan semesta alam saat bertemu denganNya sedangkan kalian menyembah selainNya? Apakah kalian akan menganggap bahwa Dia pencipta kalian?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka bagaimana anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam”} Maka apa anggapanmu tentang Tuhan semesta alam yang menciptakan kalian, ketika kalian menemuiNya sedangkan kalian menyembaah kepaada selain Dia


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

85-87. Di antara kesuciannya adalah ia suci dari sifat curang dan dengki terhadap manusia dan dari sifat-sifat (akhlak) yang buruk lainnya. Maka dari itu beliau telah berhasil menasehati manusia karena Allah, dan ia mulai dari ayahnya dan kaumnya. Allah berfirman, “ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, ‘Apakah yang kamu sembah itu?’” ini adalah bentuk pertanyaan dengan maksud mengingkari dan mengukuhkan hujjah (argument) kepada mereka.
“Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?” maksudnya, apakah kalian menyembah selain tuhan-tuhan secara dusta, padahal mereka bukan Tuhan dan ia tidak pantas disembah?!
“Maka apakah anggapanmu terhadap Rabb semesta alam,” kalau DIa bertindak terhadap kalian, sedangkan kalian telah menyembah selain DIa?! Ini adalah suatu peringatan keras bagi mereka akan balasan dengan azab jika mereka terus melakukan kesyirikan! Kekurangan (kelemahan) apa yang kalian duga terhadap Allah Tuhan semesta alam hingga kalian menjadikan tandingan dan sekutu bagiNYa?!


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-87
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh) (83)) dia berkata yaitu termasuk pemeluk agamanya.
Mujahid berkata, berada dalam tuntunan dan sunnahnya ((Ingatlah) ketika ia datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci (84)) Al-Hasan berkata bahwa yang dimaksud adalah yang bersih dari kemusyrikan.
Firman Allah SWT: ((ingatlah) ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, "Apakah yang kamu sembah itu?” (85)) Nabi Ibrahim mengingkari penyembahan mereka kepada berhala dan tandingan-tandingan itu. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong? (86) Maka apakah anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam? (87)) Qatadah berkata bahwa makna yang dimaksud adalah tidaklah dugaan kalian terhadap apa yang akan Dia lakukan terhadap kalian jika kalian menjumpaiNya, sedangkan kalian telah menyembah kepada selainNya?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 87: Ibrahim berakata kepada mereka dengan pengingkaran : Apa sangkaan kalian kepada Allah jika kalian telah memalingkan peribadatan kepada selain-Nya? Tidak diragukan lagi bahwa Dia akan menghisab kalian dengan hisab yang sulit, dan mengadzab kalian dengan adzab yang pedih.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni bagaimana anggapanmu jika kamu menemui-Nya sedangkan kamu menyembah selain-Nya, apa yang akan Dia lakukan terhadapmu, atau apa anggapanmu tentang tindakan yang akan dilakukan Tuhan semesta alam terhadapmu karena kamu menyembah selain-Nya? Ini merupakan kalimat untuk menakut-nakuti mereka dengan siksaan jika mereka tetap di atas perbuatan syirknya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 87

Hanya Allah yang patut disembah. Maka, bagaimana anggapanmu terhadap tuhan seluruh alam jika kalian mengingkari-Nya, bahkan menyembah selain dia'88. Demikianlah nabi ibrahim mengingatkan ayah dan kaumnya agar meninggalkan kemusyrikan, lalu dia memandang sekilas ke bintang-bintang untuk berpikir, .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjelasan dari berbagai mufassir mengenai isi dan arti surat As-Saffat ayat 87 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Sokong perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Terbanyak Dikaji

Tersedia berbagai halaman yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: At-Taubah 122, Al-Isra 26-27, At-Tahrim 8, Al-Mu’minun, Ath-Thalaq 2-3, Al-Baqarah 148. Ada juga Al-Insyirah 8, Al-Alaq 1-5, At-Taubah 105, Al-Hujurat 10-12, Al-Insyiqaq, At-Takwir.

  1. At-Taubah 122
  2. Al-Isra 26-27
  3. At-Tahrim 8
  4. Al-Mu’minun
  5. Ath-Thalaq 2-3
  6. Al-Baqarah 148
  7. Al-Insyirah 8
  8. Al-Alaq 1-5
  9. At-Taubah 105
  10. Al-Hujurat 10-12
  11. Al-Insyiqaq
  12. At-Takwir

Pencarian: surah alfiil dan artinya, nasr, pengertian mushaf, surat ar rum 21, surat toha ayat 25

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: