Surat Shad Ayat 86

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلْ مَآ أَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلْمُتَكَلِّفِينَ

Arab-Latin: Qul mā as`alukum 'alaihi min ajriw wa mā ana minal-mutakallifīn

Artinya: Katakanlah (hai Muhammad): "Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas dakwahku dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan.

« Shad 85Shad 87 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Shad Ayat 86

Paragraf di atas merupakan Surat Shad Ayat 86 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan kumpulan penjabaran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan surat Shad ayat 86, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah (wahai rasul) kepada orang-orang musyrik dari kaummu, ‘aku tidak meminta upah atau balasan dari kalian atas dakwahku dan upayaku dalam membingbing kalian. Aku tidak mengakui sesuatu yang bukan hakku sebaliknya aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan ke padaku. Aku tidak memaksakan diri untuk mengira-ngira atau membuat kebohongan’.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

86. Hai Muhammad, katakanlah kepada orang-orang musyrik: “Aku tidak meminta upah dari kalian atas dakwah yang aku sampaikan, aku tidak mengaku apa yang tidak aku miliki dan berbohong, namun aku hanya mengikuti wahyu dari Tuhanku.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

86. Katakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang musyrikin, “Aku tidak meminta kepada kalian upah atas nasihat yang aku sampaikan kepada kalian, aku juga bukan termasuk orang-orang yang memaksakan diri dengan menambahi apa yang diperintahkan kepadaku.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

86. قُلْ مَآ أَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ (Katakanlah (hai Muhammad): “Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas dakwahku)
Yakni aku tidak meminta dari kalian imbalan dari kalian atas seruanku kepada Allah dengan al-Qur’an dan wahyu lainnya.

وَمَآ أَنَا۠ مِنَ الْمُتَكَلِّفِينَ(dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan)
Sehingga aku mengatakan apa yang tidak aku ketahui, atau menyeru kalian kepada selain yang Allah perintahkan kepadaku.
Makna (التكلف) adalah membuat-buat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

86. katakanlah kepada kaummu hai Muhammad! Aku tidak memintai mbalan sedikitpun kepadamu atas turunnyaAl-Qur;an dan dakwah lainnya yang kau ajarkan pada mereka dan Aku bukanlah orang yang mengatakan Al-Qur’an dari versiKU, atau mengada-ada dalam dakwan kenabian dan kalam yang benar adalah milik Allah dan aku tidak mengetahui apapun.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,“Aku tidak meminta imbalan} balasan {sedikit pun kepada kalian atas hal itu dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mengada-ada} orang-orang yang mengada-ngada Al-Qur’an dari diriku


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

86. Setelah Rasulullah menjelaskan dalil kepada manusia dan menjelaskan kepada mereka jalan (yang lurus) ini, maka Allah berfirman, “Katakanlah, ‘Aku tidak meminta kepadamu atasnya’,” maksudnya, atas seruanku kepada kalian ini, “upah sedikit pun dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mengada-adakan,” di mana aku mengklaim suatu perkara yang bukan milikku dan mengikuti apa yang tidak aku miliki ilmunya, dan tidak pula aku mengikuti selain dari apa yang diwahyukan kepadaku.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 86-88
Allah SWT berfirman,"Katakanlah, wahai Muhammad, kepada orang-orang musyrik itu bahwa tidaklah aku meminta kepada kalian atas risalah dan nasihat yang aku sampaikan kepada kalian suatu upah yang kalian berikan berupa harta dunia ini (dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan) yaitu aku tidak berkehendak sedikit pun dan menambahi apa yang diamanatkan Allah SWT kepadaku untuk menyampaikannya. Tetapi apa yang aku diperintahkan untuk menyampai­kannya, maka hal itu aku sampaikan dengan utuh tanpa ada penambahan atau pengurangan. Dan sesungguhnya aku menunaikan tugasku ini hanya menginginkan ridha Allah dan kebahagiaan di akhirat.
Diriwayatkan dari Masruq, dia berkata,”Kami mendatangi Abdullah bin Mas'ud. Maka dia berkata, "Wahai manusia, barangsiapa yang mengetahui sesuatu, maka hendaklah dia mengatakannya; dan barangsiapa yang tidak mengetahui, maka hendaklah dia mengatakan, “Allah lebih mengetahui” karena sesungguhnya termasuk ilmu jika seseorang tidak mengetahui sesuatu mengatakan, “Allah lebih Mengetahui" Sesungguhnya Allah SWT berfirman kepada nabi kalian: (Katakanlah, "Aku tidak meminta upah kepadamu atas dakwahku; dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan” (86))
Firman Allah SWT: (Al-Qur’an ini tidak lain hanyalah peringatan bagi alam semesta (87)) yaitu bagi semua orang yang diberi tanggung jawab dari kalangan manusia dan jin, Pendapat ini dikatakan Ibnu Abbas.
Ayat ini sebagaimana firmanNya: (supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur’an (kepadanya)) (Surah Al-An'am: 19) dan (Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al-Qur’an, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya) (Surah Hud: 17)
Firman Allah SWT: (Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al-Qur’an) yaitu beritanya benar (setelah beberapa waktu lagi) yaitu sebentar lagi. Qatadah berkata yaitu setelah mati,
Ikrimah berkata yaitu pada hari kiamat nanti. Tidak pertentangan antara kedua pendapat ini, karena sesungguhnya orang yang telah mati maka sungguh itu secara hukum telah memasuki kiamat.
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al-Qur’an setelah beberapa waktu lagi (88)) Al-Hasan berkata, "Wahai anak cucu nabi Adam, di saat kematian mendatangimu, maka berita yang meyakinkan akan datang kepadamu"
Segala puji bagi Allah.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Shad ayat 86: (Katakanlah! "Aku tidak meminta kepada kalian atas hal ini) atas penyampaian risalah ini (upah sedikit pun) persenan sedikit pun dari kalian (dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan) maksudnya, membuat-buat Alquran dari diriku sendiri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menerangkan dalilnya dan menjelaskan jalan yang lurus kepada mereka, Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyuruh Rasul-Nya untuk mengatakan seperti yang disebutkan dalam ayat di atas.

Yakni aku bukanlah orang yang mengaku memiliki sesuatu yang tidak aku miliki, dan aku tidak mengatakan sesuatu yang tidak aku ketahui, demikian pula aku tidak mengikuti selain yang telah diwahyukan kepadaku.

Masruq pernah berkata, “Kami datang kepada Abdullah bin Mas’ud, lalu ia berkata, “Wahai manusia, barang siapa yang mengetahui sesuatu maka katakanlah, namun barang siapa yang tidak mengetahui, ucapkanlah “Allahu a’lam” (Allah lebih mengetahui). Karena termasuk ilmu seseorang mengatakan terhadap sesuatu yang tidak diketahuinya, “Allahu a’lam”, Allah Azza wa Jalla berfirman kepada Nabi kalian, “Katakanlah (Muhammad), "Aku tidak meminta upah sedikitpun padamu atas dakwahku dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang takalluf (membebani diri).”


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Shad Ayat 86

Wahai nabi Muhammad, katakanlah kepada orang-orang kafir, 'aku diutus oleh Allah untuk mendakwahkan risalah dan aku tidak meminta imbalan atau upah sedikit pun kepadamu atasnya. Tugasku hanya-lah menyampaikan risalah dan Allah-lah yang akan memberiku upah atas tugas itu. Dan ketahuilah bahwa aku bukanlah termasuk orang yang mengada-ada dan suka membuat-buat. 87-88. Al-qur'an ini tidak lain hanyalah peringatan dari Allah. Allah memenuhinya dengan petunjuk bagi seluruh alam, baik jin maupun manusia, menuju jalan yang lurus dan menjadikannya pembeda antara yang hak dan yang batil. Dan sungguh, wahai orang-orang kafir, kamu akan mengetahui kebenaran beritanya setelah beberapa waktu lagi. Tidak lama lagi, entah di dunia atau akhirat, kamu akan mendapati kebenar-an isi Al-Qur'an, seperti janji dan ancaman Allah, kejadian di masa depan, dan hari kebangkitan. [].


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjelasan dari beragam ulama mengenai kandungan dan arti surat Shad ayat 86 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita semua. Support usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dibaca

Kami memiliki ratusan topik yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 6, Al-Isra 27, Ad-Dhuha 3, Yunus 40, Luqman, Al-A’raf 26. Ada juga Al-‘Ankabut 57, Yunus, Al-Bayyinah 5, Bersyukur, Ali ‘Imran 31, Ali ‘Imran 14.

  1. Al-Hujurat 6
  2. Al-Isra 27
  3. Ad-Dhuha 3
  4. Yunus 40
  5. Luqman
  6. Al-A’raf 26
  7. Al-‘Ankabut 57
  8. Yunus
  9. Al-Bayyinah 5
  10. Bersyukur
  11. Ali ‘Imran 31
  12. Ali ‘Imran 14

Pencarian: ali imran ayat 46, terjemahan surat al isra, ayat terakhir al baqarah latin, surat al baqarah 156, al an'am ayat 115

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: