Surat Shad Ayat 88

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَتَعْلَمُنَّ نَبَأَهُۥ بَعْدَ حِينٍۭ

Arab-Latin: Wa lata'lamunna naba`ahụ ba'da ḥīn

Artinya: Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al Quran setelah beberapa waktu lagi.

« Shad 87Az-Zumar 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Berkaitan Surat Shad Ayat 88

Paragraf di atas merupakan Surat Shad Ayat 88 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah menarik dari ayat ini. Didapatkan variasi penjabaran dari berbagai ulama terhadap kandungan surat Shad ayat 88, di antaranya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kalian (wahai orang-orang musyrik) benar-benar akan mengetahui berita dan kebenaran Al-quran ini saat islam menang dan manusia masuk ke dalam agama islam berbondong-bondong, demikkian pula saat azab menimpa kalian dan segala sebab keselamatan terputus dari kalian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

88. Kalian pasti akan mengetahui kabar Al-Qur`ān ini, bahwa ia benar tidak lama lagi saat kalian mati.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

88. وَلَتَعْلَمُنَّ (Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui)
Hai orang-orang kafir.

نَبَأَهُۥ بَعْدَ حِينٍۭ ((kebenaran) berita Al Quran setelah beberapa waktu lagi)
Yakni sesaat lagi. Terdapat pendapat mengatakan yakni setelah kematian. Dan pendapat lain mengatakan bahwa siapa yang masih hidup saat Rasulullah telah meraih kemenangan akan mengetahui hal itu; dan barangsiapa yang mati sebelum itu maka ia akan mengetahuinya setelah kematiannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

88. dan agar kalian tahu wahai ahli Makkah dan selain Makkah bahwa adanya khabar yang benar, siksa, janji, hari kebangkitan dan semuanya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sungguh kamu akan mengetahui beritanya} berita tentang kebenaran Al-Qur’an {setelah beberapa waktu} setelah mati.


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

88. “Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui beritanya,” maksudnya, informasinya, “setelah beberapa waktu lagi,” yaitu ketika azab terjadi menimpa mereka dan segala bentuk hubungan terputus dari mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 86-88
Allah SWT berfirman,"Katakanlah, wahai Muhammad, kepada orang-orang musyrik itu bahwa tidaklah aku meminta kepada kalian atas risalah dan nasihat yang aku sampaikan kepada kalian suatu upah yang kalian berikan berupa harta dunia ini (dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan) yaitu aku tidak berkehendak sedikit pun dan menambahi apa yang diamanatkan Allah SWT kepadaku untuk menyampaikannya. Tetapi apa yang aku diperintahkan untuk menyampai­kannya, maka hal itu aku sampaikan dengan utuh tanpa ada penambahan atau pengurangan. Dan sesungguhnya aku menunaikan tugasku ini hanya menginginkan ridha Allah dan kebahagiaan di akhirat.
Diriwayatkan dari Masruq, dia berkata,”Kami mendatangi Abdullah bin Mas'ud. Maka dia berkata, "Wahai manusia, barangsiapa yang mengetahui sesuatu, maka hendaklah dia mengatakannya; dan barangsiapa yang tidak mengetahui, maka hendaklah dia mengatakan, “Allah lebih mengetahui” karena sesungguhnya termasuk ilmu jika seseorang tidak mengetahui sesuatu mengatakan, “Allah lebih Mengetahui" Sesungguhnya Allah SWT berfirman kepada nabi kalian: (Katakanlah, "Aku tidak meminta upah kepadamu atas dakwahku; dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan” (86))
Firman Allah SWT: (Al-Qur’an ini tidak lain hanyalah peringatan bagi alam semesta (87)) yaitu bagi semua orang yang diberi tanggung jawab dari kalangan manusia dan jin, Pendapat ini dikatakan Ibnu Abbas.
Ayat ini sebagaimana firmanNya: (supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur’an (kepadanya)) (Surah Al-An'am: 19) dan (Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al-Qur’an, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya) (Surah Hud: 17)
Firman Allah SWT: (Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al-Qur’an) yaitu beritanya benar (setelah beberapa waktu lagi) yaitu sebentar lagi. Qatadah berkata yaitu setelah mati,
Ikrimah berkata yaitu pada hari kiamat nanti. Tidak pertentangan antara kedua pendapat ini, karena sesungguhnya orang yang telah mati maka sungguh itu secara hukum telah memasuki kiamat.
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al-Qur’an setelah beberapa waktu lagi (88)) Al-Hasan berkata, "Wahai anak cucu nabi Adam, di saat kematian mendatangimu, maka berita yang meyakinkan akan datang kepadamu"
Segala puji bagi Allah.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Shad ayat 88: (Dan sesungguhnya kalian akan mengetahui) hai orang-orang kafir Mekah (berita Alquran) yaitu berita kebenarannya (setelah beberapa waktu lagi") yakni pada hari kiamat nanti. Lafal 'Alima bermakna 'Arafa yakni mengetahui. Huruf Lam sebelumnya adalah Lam Qasam bagi lafal yang diperkirakan, bentuk asalnya adalah, Wallaahi Lata'lamunna.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kebenaran berita-berita Al Quran itu ada yang terlaksana di dunia dan ada pula yang terlaksana di akhirat; yang terlaksana di dunia seperti kebenaran janji Allah kepada orang-orang mukmin bahwa mereka akan menang dalam peperangan dengan kaum musyrikin, dan yang terlaksana di akhirat seperti kebenaran janji Allah tentang balasan atau perhitungan yang akan dilakukan terhadap manusia.

Syaikh As Sa’diy berkata, “Surat yang agung ini mengandung peringatan yang bijaksana, berita yang besar, penegakkan hujjah dan dalil bagi orang-orang yang mendustakan Al Qur’an dan menentangnya, serta mendustakan orang yang membawanya, sekaligus pemberitahuan tentang hamba-hamba Allah yang mukhlas, balasan bagi orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang durhaka. Oleh karena itu Allah bersumpah di awalnya, bahwa ia mengandung peringatan dan di akhirnya Allah menyifatinya bahwa ia peringatan bagi alam semesta. Demikian pula Allah Subhaanahu wa Ta'aala memperbanyak peringatan di antara awal dan akhir surat, seperti firman-Nya, “Wadzkur ‘abdnaa”, “Wadz kur ibaadanaa”, “Rahmatan min indinaa wa dzikraa”, dan “Haadzaa dzikr.” Ya Allah, ajarilah kami darinya sesuatu yang tidak kami ketahui, ingatkanlah kami sesuatu yang kami lupa, baik lupa dalam arti lalai maupun meninggalkannya.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Shad Ayat 88

87-88. Al-qur'an ini tidak lain hanyalah peringatan dari Allah. Allah memenuhinya dengan petunjuk bagi seluruh alam, baik jin maupun manusia, menuju jalan yang lurus dan menjadikannya pembeda antara yang hak dan yang batil. Dan sungguh, wahai orang-orang kafir, kamu akan mengetahui kebenaran beritanya setelah beberapa waktu lagi. Tidak lama lagi, entah di dunia atau akhirat, kamu akan mendapati kebenar-an isi Al-Qur'an, seperti janji dan ancaman Allah, kejadian di masa depan, dan hari kebangkitan. []1. Menyambung topik pada bagian akhir surah s'd tentang posisi Al-Qur'an sebagai peringatan bagi seluruh alam, Allah mengawali surah az-zumar dengan penegasan bahwa Al-Qur'an turun dari sisi Allah. Sesungguhnya kitab Al-Qur'an ini diturunkan oleh Allah yang mahamulia, mahaperkasa dalam kerajaan-Nya, dan mahabijaksana dalam menciptakan sehingga tidak sedikit pun ciptaan-Nya yang sia-sia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penjelasan dari beragam pakar tafsir berkaitan makna dan arti surat Shad ayat 88 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita bersama. Dukung syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Sering Dilihat

Ada ratusan konten yang paling sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah 5, Al-Hujurat 6, Bersyukur, Ad-Dhuha 3, Al-‘Ankabut 57, Al-A’raf 26. Serta Ali ‘Imran 14, Al-Isra 27, Yunus, Ali ‘Imran 31, Yunus 40, Luqman.

  1. Al-Bayyinah 5
  2. Al-Hujurat 6
  3. Bersyukur
  4. Ad-Dhuha 3
  5. Al-‘Ankabut 57
  6. Al-A’raf 26
  7. Ali ‘Imran 14
  8. Al-Isra 27
  9. Yunus
  10. Ali ‘Imran 31
  11. Yunus 40
  12. Luqman

Pencarian: surah al muddassir ayat 31, surat an nisa ayat 69, al-isra ayat 13, surah yusuf ayat 4 dan artinya, al maidah 56

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: