Surat Az-Zumar Ayat 13

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلْ إِنِّىٓ أَخَافُ إِنْ عَصَيْتُ رَبِّى عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ

Arab-Latin: Qul innī akhāfu in 'aṣaitu rabbī 'ażāba yaumin 'aẓīm

Artinya: Katakanlah: "Sesungguhnya aku takut akan siksaan hari yang besar jika aku durhaka kepada Tuhanku".

« Az-Zumar 12Az-Zumar 14 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Mengenai Surat Az-Zumar Ayat 13

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zumar Ayat 13 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi tafsir mendalam dari ayat ini. Ada variasi penjelasan dari para ulama berkaitan kandungan surat Az-Zumar ayat 13, di antaranya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

katakanlah (wahai rasul) kepada manusia ”sesungguhnya aku takut bila aku mendurhakai tuhanku terkait apa yang Dia perintahkan kepadaku, yaitu agar aku menyembah Nya dan mengihklaskan ketaatan kepada Nya, maka aku akan ditimpa azab di hari kiamat, hari dimana kengerian padanya sangat besar.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. Katakanlah -wahai Rasul- “Sesungguhnya aku takut terhadap azab hari yang besar, yaitu hari Kiamat, jika aku mendurhakai Allah dan tidak menaati-Nya .”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. قُلْ إِنِّىٓ أَخَافُ إِنْ عَصَيْتُ رَبِّى (Katakanlah: “Sesungguhnya aku takut jika aku durhaka kepada Tuhanku”)
Dengan tidak ikhlas menyembah-Nya dan mengesakan-Nya, serta tidak menjalankan dakwah yang melawan kesyirikan dan kesesatan pelakunya.

عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ(siksaan di hari yang besar)
Yakni hari kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13. Katakanlah: "Sesungguhnya aku takut akan adzab sebab tidak menyembahNya dan menolak ajaran tauhidNya dan meninggalkan syirik yang menjadi dosa besar pada hari yang menakutkan yaitu hari kiamat"


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Katakanlah,“Sesungguhnya aku takut azab pada hari yang besar jika aku durhaka kepada Tuhanku”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

13. “Katakanlah, ‘Sesungguhnya aku takut jika aku durhaka kepada Rabbku’,” dalam apa yang diperintahkanNya kepadaku, yaitu ikhlas dan pasrah, “akan siksaan hari yang besar,” di mana akan kekal di dalamnya orang yang mempersekutukanNya dan akan disiksa di dalamnya orang yang mendurhakaiNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 13-16
Allah SWT berfirman, "Katakanlah, wahai Muhammad, sebagai seorang utusan Allah SWT: ('Sesungguhnya aku takut akan siksaan hari yang besar jika aku durhaka kepada Tuhanku) yaitu hari kiamat. Ini merupakan syarat, sedangkan makna yang dimaksudnya adalah sindiran kepada yang lain dengan cara yang lebih utama dan lebih kuat (Katakanlah, "Hanya Allah sajalah yang aku sembah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agamaku” (14) Maka sembahlah olehmu (hai orang musyrik) apa yang kamu kehendaki selain Dia) Ini juga merupakan ancaman dan bentuk melepaskan diri dari mereka (Katakanlah, "Sesungguhnya orang-orang yang rugi”) yaitu hanyalah orang-orang yang sangat merugi (orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat) yaitu mereka tercerai berai dan tidak akan bertemu lagi selamanya, apakah keluarga mereka dimasukkan ke dalam surga, sedangkan mereka sendiri masuk neraka atau semuanya menjadi penghuni neraka. Akan tetapi tidak ada kebersamaan dan kebahagiaan bagi mereka (Ingatlah, yang demikian itu adalah kerugian yang nyata) yaitu, yang demikian itu adalah kerugian yang jelas, gamblang, dan terang. Kemudian Allah menggambarkan keadaan mereka di neraka dan berfirman: (Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah mereka pun lapisan-lapisan (dari api)) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim (41)) (Surah Al-A'raf)
Firman Allah: (Demikianlah Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengan azab itu) yaitu sesungguhnya Dia menceritakan berita yang pasti terjadi ini untuk menakuti hamba-hambaNya agar mereka menjauhi hal-hal yang diharamkan dan perbuatan dosa. Firman Allah SWT: (Maka bertakwalah kepada-Ku, hai hamba-hambaKu) yaitu, takutlah terhadap kemurkaan, siksaan, dan pembalasanKu


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zumar ayat 13: (Katakanlah, "Sesungguhnya aku takut akan siksaan hari yang besar jika aku durhaka kepada Rabbku").


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Pada hari itu orang yang berbuat syirk akan kekal dalam siksa, dan orang yang durhaka akan diberikan siksa.

Dalam perintah-Nya untuk berbuat ikhlas dan berserah diri (tunduk).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zumar Ayat 13

13-14. Katakanlah pula wahai nabi, kepada manusia, 'sesungguhnya aku takut akan murka Allah dan azab yang menimpa pada hari yang sangat besar lagi dahsyat yaitu hari kiamat jika aku durhaka kepada tuhanku dengan melanggar perintah-Nya. ' katakanlah pula kepada mereka, 'hanya Allah yang aku sembah dengan penuh ketaatan kepada-Nya dan istikamah serta tulus dalam menjalankan agamaku. '13-14


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penjelasan dari kalangan pakar tafsir terhadap kandungan dan arti surat Az-Zumar ayat 13 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita. Bantu syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dibaca

Baca banyak topik yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Yunus 40, Al-Bayyinah 5, Yunus, Ali ‘Imran 14, Al-Isra 27, Al-‘Ankabut 57. Juga Al-Hujurat 6, Luqman, Bersyukur, Al-A’raf 26, Ali ‘Imran 31, Ad-Dhuha 3.

  1. Yunus 40
  2. Al-Bayyinah 5
  3. Yunus
  4. Ali ‘Imran 14
  5. Al-Isra 27
  6. Al-‘Ankabut 57
  7. Al-Hujurat 6
  8. Luqman
  9. Bersyukur
  10. Al-A’raf 26
  11. Ali ‘Imran 31
  12. Ad-Dhuha 3

Pencarian: ayat yang menjelaskan tentang muamalah, al qolam surat, bacalah walau satu ayat, surat al alla, ayat yunus

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: