Surat Al-Mu’min Ayat 81

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيُرِيكُمْ ءَايَٰتِهِۦ فَأَىَّ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ تُنكِرُونَ

Arab-Latin: Wa yurīkum āyātihī fa ayya āyātillāhi tungkirụn

Artinya: Dan Dia memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda (kekuasaan-Nya); maka tanda-tanda (kekuasaan) Allah yang manakah yang kamu ingkari?

« Al-Mu'min 80Al-Mu'min 82 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Surat Al-Mu’min Ayat 81

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’min Ayat 81 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka tafsir berharga dari ayat ini. Terdapat beraneka penjelasan dari para ulama terhadap isi surat Al-Mu’min ayat 81, di antaranya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah juga memperlihatkan kepada kalian bukti-buktiNya yang banyak dan jelas yang menunjukkan Kuasa dan pengaturanNya atas makhlukNya. Lalu tanda kebesaran Allah yang manakah yang kalian ingkari dan tidak kalian akui?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

81. Allah -Subḥānahu- memperlihatkan ayat-ayat-Nya yang menunjukkan kekuasaan dan keesaan-Nya. Ayat Allah yang mana yang tidak kalian akui sesudah tampak bagi kalian bahwa ia adalah ayat-ayat Allah?


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

81. وَيُرِيكُمْ ءَايٰتِهِۦ (Dan Dia memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda (kekuasaan-Nya))
Yakni tanda-tanda yang menunjukkan kesempurnaan kuasa-Nya dan keesaan-Nya.

فَأَىَّ ءَايٰتِ اللهِ تُنكِرُونَ(maka tanda-tanda (kekuasaan) Allah yang manakah yang kamu ingkari?)
Sebab ayat-ayat itu sangat jelas dan tidak akan dipungkiri oleh orang yang memiliki mata hati yang sehat jika ia jujur dalam menilai.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

81. Allah menunjukkan kalian dalil-dalil yang menunjukkan pada kesempurnaan dan keesaanNya serta banyaknya rahmatNya. Lalu dalil mana yang akan kalian ingkari? Sesungguhnya karena saking jelasnya, dalil itu tidak bisa diingkari


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dia memperlihatkan ayat-ayatNya kepada kalian, maka ayat-ayat Allah manakah yang kalian ingkari


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

81. “Dan Dia memperlihatkan kepadamu tanda-tandaNya” yang membuktikan keesaanNya, nama-nama dan sifat-sifatNya. Ini merupakan nikmatNya yang terbesar, di mana Dia mempersaksikan kepada hamba-hambaNya tanda-tandaNya yang sangat berharga di jagat raya dan nikmat-nikmatNya yang luar biasa. Allah menyebut-nyebutnya supaya mereka mengenalNya, bersyukur kepadaNya, dan berdzikir mengingatNya.
“Maka tanda-tanda Allah manakah yang kamu ingkari?” maksudnya, ayat yang mana dari ayat-ayat Allah yang kalian tidak mengakuinya?! Sebab sudah kalian ketahui secara pasti bahwa seluruh ayat-ayat dan nikmat adalah dariNya, sehingga tidak ada jalan untuk mengingkari, dan tidak ada tempat untuk berpaling, bahkan malah mengharuskan orang-orang yang berakal untuk bersungguh-sungguh dan mengorbankan segenap tenaga untuk serius taat kepadaNya dan berkonsentrasi berkhidmah kepadaNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 79-81
Allah SWT berfirman seraya menyebutkan karuniaNya kepada para hambaNya bahwa Dia telah menciptakan bagi mereka binatang ternak berupa unta, sapi, dan kambing (sebagiannya ada yang dapat dijadikan sebagai kendaraan mereka, dan sebagian yang lainnya untuk mereka makan) (Surah Yasin: 72) Jadi unta dikendarai, dimakan, dapat diperah susunya, dan dapat dijadikan sebagai pembawa barang-barang berat dalam perjalanan atau tunggangan perjalanan menuju ke negeri yang jauh dan kawasan yang luas. Sapi dimakan dagingnya dan diminum susunya serta dapat dijadikan sebagai sarana untuk membajak tanah. dan kambing dagingnya dimakan, dan diminum susunya, dan bulunya dapat dicukur, lalu dijadikan kain dan pakaian serta perabotan lainnya, sebagaimana yang dijelaskan di banyak tempat dalam surah Al-An'am, An-Nahl dan surah lain. Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (sebagiannya untuk kamu kendarai dan sebagiannya untuk kamu makan (79) Dan (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain pada binatang ternak itu untuk kamu dan supaya kamu mencapai keperluan yang tersimpan dalam hati dengan mengendarainya. Dan kamu dapat diangkut dengan mengendarai binatang-binatang itu dan dengan mengendarai bahtera (80))
Firman Allah: (Dan Dia memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda-Nya) yaitu hujjah-hujjah dan keterangan-keterangan yang menunjukkan atas kekuasaanNya di semua cakrawala dan dalam diri kalian (maka tanda-tanda (kekuasaan) Allah manakah yang kamu ingkari?) yaitu, kalian tidak mampu mengingkari sesuatupun dari tanda-tanda kekuasaanNya, kecuali jika kalian ingkar dan bersikap sombong


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 81: (Dan Dia memperlihatkan kepada kalian tanda-tanda-Nya; maka tanda-tanda Allah yang manakah) yakni tanda-tanda yang menunjukkan kepada keesaan-Nya (yang kalian ingkari?) Istifham atau kata tanya di sini mengandung makna cemoohan. Disebutkan lafal Ayyun dalam bentuk Mudzakkar adalah lebih terkenal daripada bentuk Ta'nitsnya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang menunjukkan keesaan-Nya, nama-nama-Nya dan sifat-Nya. Ini termasuk nikmat terbesar, dimana Dia memperlihatkan ayat-ayat-Nya kepada hamba-hamba-Nya baik yang ada dalam diri mereka dan yang ada di ufuk, serta menyebut nikmat-nikmat-Nya agar mereka mengenal-Nya, mensyukuri-Nya dan mengingat-Nya.

Yakni ayat yang mana di antara ayat-ayat-Nya yang tidak kamu akui, karena telah tetap dalam hatimu bahwa semua ayat dan nikmat berasal dari-Nya, sehingga tidak ada tempat untuk mengingkari dan tidak tempat untuk berpaling, bahkan hal itu mengharuskan orang yang berakal mengerahkan kesungguhannya untuk berusaha menaati-Nya, berkhidmat kepada-Nya serta menyibukkan diri dengan beribadah kepada-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 81

Dan dia telah memperlihatkan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan-Nya kepadamu. Lalu tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang mana lagi yang kamu ingkari'' melalui ayat ini diharapkan manusia menyadari keberadaan Allah sebagai tuhan satu-satunya yang layak dipertuhankan, disembah, dan dimintai pertolongan-Nya. 82. Adalah benar bahwa tanda-tanda kebesaran Allah itu terdapat dalam fenomena alam yang terkembang. Namun demikian, tanda-tanda kebesaran Allah itu juga ada dalam sejarah peradaban umat manusia. Ayat-ayat berikut mengajak manusia untuk mengembara di permukaan bumi menyaksikan jejak sejarah dari umat terdahulu yang berpaling dari jalan kebenaran. Allah berfirman, 'maka apakah mereka orang-orang musyrik mekah dan generasi mana saja yang membaca firman Allah ini, tidak mengadakan perjalanan dan mengembara di bumi, lalu mereka memperhatikan dengan mata kepala dan mata hati, bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu yang hidup sebelum mereka. Mereka umat terdahulu itu lebih banyak hasil pembangunannya dan juga lebih hebat kekuatannya serta lebih banyak peninggalan-peninggalan peradabannya di bumi. Maka, ketahuilah bahwa seluruh apa yang mereka usahakan itu tidak dapat menolong mereka sedikit pun dari kehancuran yang menimpa mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjabaran dari berbagai mufassirun berkaitan isi dan arti surat Al-Mu’min ayat 81 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita semua. Bantu usaha kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dikaji

Kami memiliki ratusan topik yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Yunus, Al-‘Ankabut 57, Al-Bayyinah 5, Al-Isra 27, Ali ‘Imran 31, Al-A’raf 26. Juga Ad-Dhuha 3, Ali ‘Imran 14, Al-Hujurat 6, Yunus 40, Luqman, Bersyukur.

  1. Yunus
  2. Al-‘Ankabut 57
  3. Al-Bayyinah 5
  4. Al-Isra 27
  5. Ali ‘Imran 31
  6. Al-A’raf 26
  7. Ad-Dhuha 3
  8. Ali ‘Imran 14
  9. Al-Hujurat 6
  10. Yunus 40
  11. Luqman
  12. Bersyukur

Pencarian: bahasa arab sabar dan kuat, kandungan surat at-taubah ayat 122, surah taubat, hadits innallaha ma'ashobirin, surah at takasur

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: