Surat Fussilat Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

كِتَٰبٌ فُصِّلَتْ ءَايَٰتُهُۥ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا لِّقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Kitābun fuṣṣilat āyātuhụ qur`ānan 'arabiyyal liqaumiy ya'lamụn

Artinya: Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui,

« Fussilat 2Fussilat 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Surat Fussilat Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Fussilat Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan aneka ragam penjabaran dari berbagai ulama mengenai kandungan surat Fussilat ayat 3, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebuah kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan dengan sempurna, serta makna-makna dan hukum-hukumnya diterangkan dengan baik, yang merupakan bacaan dalam bahasa Arab yang mudah untuk dipahami bagi kaum yang mengetahui bahasa Arab.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

3-4. Ia merupakan kitab yang ayat-ayat dan hukum-hukumnya dijelaskan dengan sejelas-jelasnya, dan ia menggunakan bahasa Arab yang fasih dengan makna-maknanya yang mudah difahami dan lafazh-lafazhnya yang jelas dan sempurna bagi orang-orang yang mengetahui bahwa ia mengandung kalam dan hukum terbaik. Ia merupakan pemberi kabar gembira bagi orang-orang beriman berupa surga-surga yang penuh dengan kenikmatan, dan pemberi peringatan bagi orang-orang kafir berupa azab neraka. Akan tetapi kebanyakan hamba berpaling darinya, mereka tidak mendengarkannya dengan menghayati petunjuk dan hukum yang dikandungnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Suatu kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan dengan penjelasan paling jelas dan paling sempurna, dijadikan Al-Qur`ān dengan bahasa Arab bagi kaum yang mengetahui, karena mereka adalah orang-orang yang mengambil manfaat dari makna-maknanya dan kandungannya yang merupakan petunjuk menuju kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. كِتٰبٌ فُصِّلَتْ ءَايٰتُهُۥ (Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya)
Yakni dijelaskan antara hukum halal dan haramnya, ketaatan dan kemaksiatan, dan dijadikan maknanya jelas dan mudah dipahami.

قُرْءَانًا عَرَبِيًّا(yakni bacaan dalam bahasa Arab)
Yakni ayat-ayatnya dijelaskan dengan bahasa Arab, yakni dengan bahasa orang-orang Arab, agar menjadi peringatan bagi mereka, serta sebagai hujjah dan nikmat untuk mereka.

لِّقَوْمٍ يَعْلَمُونَ (untuk kaum yang mengetahui)
Yakni mengetahui bahwa al-Qur’an diturunkan oleh Allah, dan kaum yang meyakini hal itu.
Adapun orang yang tidak meyakininya maka tidak ada baginya kenikmatan, namun ia telah tertimpa kebutaan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Al-Qur’an ini adalah kitab yang hukum-hukum halal-haramnya dijelaskan dan makna-maknanya diterangkan supaya kamu bisa memahaminya dengan mudah dan gampang. Keberadaan Al-Qur’an yang menggunakan bahasa Arab dalam lafadz dan susunannya itu merupakan pengingat dan hujjah bagi mereka, yaitu kaum yang mengetahui kekuasaanNya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan} diterangkan dan dijelaskan {sebagai bacaan dalam bahasa Arab untuk kaum yang mengetahui


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3. kemudian Allah menyanjung al-qur’an ini dengan kesempurnaan penjelasan, seraya berfirman, ”yang dijelaskan ayat-ayatnya,” artinya, yang dijelaskan segala sesuatu dari macam-macamnya satu-persatu. Ini mengharuskan penjelasan yang sempurna dan pembedaan antara segala sesuatu serta pemilahan hal-hal yang sesungguhnya, ”yakni bacaan dalam bahasa Arah,” maksudnya, dengan bahasa yang fasih, bahasa yang paling sempurna. Ayat-ayatnya dijelaskan dan dijadikan dalam bahasa arab, “untuk kaum yang mengetahui,” maksudnya, supaya maknanya jelas bagi mereka sebagimana lafaznya, supaya petunjuknya jelas (dapat dipisahkan) dari kesesatan dan yang bengkok dari yang lurus. Adapun orang-orang yang bodoh yang petunjuk malah makin membuat mereka sesat, dan penjelasan makin membuat mereka buta, maka al-kalam (al-qur’an) ini tidak dimaksudkan untuk mereka, dan “ sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka juga tidak akan beriman,” (al-baqarah:6)


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Allah SWT berfirman: (Ha Mim (1) Diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (2) yaitu, Al-Qur'an itu diturunkan dari sisi Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. sebagaimana firmanNya: (Katakanlah, "Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan benar”) (Surah An-Nahl: 102) dan (Dan sesungguhnya Al-Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan alam semesta (192) dia dibawa turun oleh Ruhul Amin (Jibril) (193) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan (194)) (Surah Asy-Syu'ara’)
Firman Allah: (Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya) yaitu dijelaskan makna-maknanya dan dikuatkan hukum-hukumnya (yakni bacaan dalam bahasa Arab) yaitu keadaannya sebagai bacaan yang berbahasa Arab yang jelas dan terang, makna-makna dan lafaz-lafaznya juga jelas, tidak sulit. Sebagaimana firmanNya: ((inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara rinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui) (Surah Hiid: 1) yaitu mengandung mukjizat dari segi lafazh dan maknanya (Yang tidak datang kepadanya (Al-Qur'an) kebatilan, baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji (42)) (Surah Fushshilat)
Firman Allah SWT: (untuk kaum yang mengetahui) yaitu sesungguhnya orang yang mengetahui keterangan dan penjelasan ini hanya para ulama yang ilmunya sangat mendalam (yang membawa berita gembira dan yang membawa peringatan) yaitu, terkadang membawa kabar gembira bagi orang-orang mukmin dan terkadang membawa peringatan bagi orang-orang kafir (tetapi kebanyakan mereka berpaling (darinya); maka mereka tidak (mau) mendengarkan) yaitu kebanyakan orang-orang Quraisy tidak memahami sedikitpun darinya, padahal Al-Qur'an jelas dan gamblang (Mereka berkata, "Hati kami berada dalam tutupan”) yaitu dalam keadaan dilapisi oleh penutup ((yang menutupi) apa yang kamu seru kami kepadanya dan di telinga kami ada sumbatan) yaitu tuli dari apa yang kamu sampaikan kepada kami (dan di antara kami dan kamu ada dinding) maka tidak ada sesuatupun darinya yang sampai kepada kami (maka bekerjalah kamu; sesungguhnya kami bekerja (pula)) yaitu bekerjalah sesuai dengan caramu, dan kami juga akan bekerja sesuai dengan cara kami, dan kami tidak akan mengikutimu”


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Fussilat ayat 3: (Kitab) lafal ayat ini menjadi Khabar Mubtada (yang dijelaskan ayat-ayatnya) maksudnya, dijelaskan di dalamnya hukumhukum, kisah-kisah dan nasihat-nasihat (yakni bacaan dalam bahasa Arab) lafal Qur-aanan berikut sifatnya menjadi Haal atau kata keterangan keadaan dari lafal Kitaabun (untuk kaum) berta'alluq kepada lafal Fushshilat (yang mengetahui) artinya, bagi mereka yang mengerti, yaitu orang-orang Arab.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah memuji kitab-Nya karena begitu jelasnya.

Dengan hukum-hukum, kisah-kisah dan nasihat-nasihat. Syaikh As Sa’diy, menafsirkan kata “fushshilat” dengan dipisahkan segala sesuatu secara sendiri-sendiri. Hal ini menunjukkan penjelasannya yang sempurna, pemisahan antara yang satu dengan yang lain, serta memisahkan berbagai hakikat.

Yakni dengan bahasa Arab yang fasih lagi sempurna.

Maksudnya, agar jelas bagi mereka maknanya sebagaimana jelas lafaznya dan agar jelas petunjuk dari yang sesat. Adapun orang-orang yang jahil (tidak mengetahui), maka petunjuk tidaklah menambah mereka selain kesesatan dan penjelasan tidaklah menambah bagi mereka selain kebutaan, maka ayat ini tidaklah diarahkan untuk mereka, karena sama saja bagi mereka baik engkau berikan peringatan atau tidak, mereka tidak juga akan beriman.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Fussilat Ayat 3

Kitab itu adalah Al-Qur'an yang dalam ayat-ayatnya dijelaskan semua yang diperlukan oleh manusia untuk meraih kebahagiaan hidup dunia-wi dan ukhrawi, bacaan yang mulia dalam bahasa arab, sebagai petunjuk untuk kaum yang mau dan berpotensi mengetahui. 4. Al-qur'an itu adalah kitab yang membawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan peringatan bagi orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, tetapi sangat disayang-kan karena kebanyakan dari mereka orang-orang yang membuat kerusakan itu berpaling dari petunjuk-Nya serta hal itulah yang membuat mereka tidak mendengarkan yakni tidak menyambut berita gembira dan per-ingatan itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjelasan dari kalangan mufassirun mengenai makna dan arti surat Fussilat ayat 3 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi ummat. Sokonglah perjuangan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dilihat

Tersedia ratusan konten yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 6, Yunus 40, Al-Isra 27, Al-A’raf 26, Ad-Dhuha 3, Yunus. Ada pula Bersyukur, Ali ‘Imran 14, Al-Bayyinah 5, Al-‘Ankabut 57, Ali ‘Imran 31, Luqman.

  1. Al-Hujurat 6
  2. Yunus 40
  3. Al-Isra 27
  4. Al-A’raf 26
  5. Ad-Dhuha 3
  6. Yunus
  7. Bersyukur
  8. Ali ‘Imran 14
  9. Al-Bayyinah 5
  10. Al-‘Ankabut 57
  11. Ali ‘Imran 31
  12. Luqman

Pencarian: surat ar rahman surat ke berapa, surat syamsi dhuha, al maidah ayat 21-30, isi kandungan surah al qasas ayat 77, isi kandungan surat an nisa ayat 136

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: