Daftar Isi > Al-Fath > Al-Fath 3

Surat Al-Fath Ayat 3

وَيَنصُرَكَ ٱللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا

Arab-Latin: Wa yanṣurakallāhu naṣran 'azīzā

Artinya: Dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak).

« Al-Fath 2Al-Fath 4 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Fath Ayat 3 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Fath Ayat 3 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasikan variasi penafsiran dari kalangan pakar tafsir mengenai makna surat Al-Fath ayat 3, misalnya seperti tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2-3. Kami memberimu kemenangan itu dan memudahkannya bagimu, karena Allah hendak mengampuni dosa-dosamu yang telah berlalu dan yang akan datang, sebab kemenangan ini mengandung ketaatan-ketaatan yang banyak dan terwujud melalui perjuangan yang melelahkan. Allah menyempurnakan nikmatNya atasmu dengan meninggikan agamamu dan memenangkanmu atas musuh-musuhmu, membimbingmu ke jalan yang lurus, agama yang tidak bengkok. Allah memenangkanmu dengan kemenangan yang kuat yang padanya Islam tidak melemah.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

3. Dan agar Allah menolongmu menghadapi musuh-musuhmu dengan pertolongan yang kuat, tidak ada seorangpun yang bisa menolaknya.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. وَيَنصُرَكَ اللهُ نَصْرًا عَزِيزًا (dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat)
Yakni pertolongan yang tidak akan terkalahkan.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Agar Allah menolongmu dengan pertolongan diiringi dengan kemuliaan, kekuatan dan kemenangan yang besar. Maksudnya bahwa kemenangan ini sulit didapat oleh orang-orang selain engkau (Nabi SAW).


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan agar Allah menolongmu dengan pertolongan yang besar} yang unggul lagi memberi perlindungan, tidak ada kerendahan setelahnya selama-lamanya


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


3. “Dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat,” yaitu pertolongan yang kuat yang dengannya Islam tidak tergoyahkan, justru akan diperoleh kemenagan sempurna serta menundukkan, merendahkan serta mengurangi jumlah orang-orang kafir, di samping terpenuhi dan berkembangnya kekuatan kaum Muslimin serta banyaknya harta mereka. Selanjutnya Allah menyebutkan dampak baik perjanjian ini atas orang-orang Mukmin seraya berfirman,


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Fath ayat 3: Begitu juga jihad, kesabaran ini wahai Nabi Allah, Allah telah menolongmu dari musuh-musuh Allah dengan pertolongan yang sempurna, kokoh, dan tidak lemah dan juga meminta perlindungan dari selain-Nya.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sehingga Islam tidak menjadi rendah, bahkan akan menang, dan orang-orang kafir akan terkalahkan, hina dan rendah, sedangkan kaum muslimin semakin kuat, banyak jumlahnya dan berkembang.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Fath Ayat 3

2-3. Agar Allah memberikan ampunan kepadamu, wahai nabi Muhammad atas dosamu, yakni kekeliruan yang dapat dianggap sebagai dosa sesuai dengan kedudukanmu yang mulia, baik kekeliruan yang terjadi di masa yang lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dengan meluhurkan agamamu dan menunjukimu ke jalan yang lurus yang membimbingmu kepada keridaan tuhan, dan agar Allah menolongmu terhadap musuh-Musuhmu dengan pertolongan yang kuat yang tidak dapat dikalahkan oleh siapa pun. 4. Dialah yang telah menurunkan yakni mewujudkan dan memantapkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin sehingga mereka tidak gentar menghadapi dan memerangi musuh untuk menambah keimanan atas keimanan mereka tentang kebesaran Allah. Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, yang senantiasa patuh melaksanakan perintah-Nya untuk dan memberikan pertolongan kepada orang beriman. Dan Allah maha mengetahui keadaan makhluk-Nya, mahabijaksana dalam pengaturan dan perbuatan-Nya.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah berbagai penjelasan dari kalangan ulama tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Fath ayat 3 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita bersama. Dukung syi'ar kami dengan memberikan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Al-Hujurat 13
  2. An-Nur 2
  3. al-Baqarah
  4. Al-Isra 23
  5. Al-Ma’idah 2
  6. An-Nahl 114
  7. al-Mulk
  8. Luqman 13
  9. al-Balad
  10. Al-Hujurat 12
  11. Al-Isra 1
  12. Yunus 40-41
  13. Ar-Ra’d 11
  14. al-Waqi’ah
  15. Yusuf 4
  16. Luqman 14
  17. Al-Ma’idah 3
  18. al-Kahfi
  19. al-‘Ashr
  20. al-Fil
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: