Daftar Isi > Al-Fath > Al-Fath 9

Surat Al-Fath Ayat 9

لِّتُؤْمِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَتُعَزِّرُوهُ وَتُوَقِّرُوهُ وَتُسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Arab-Latin: Litu`minụ billāhi wa rasụlihī wa tu'azzirụhu wa tuwaqqirụh, wa tusabbiḥụhu bukrataw wa aṣīlā

Artinya: Supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang.

« Al-Fath 8Al-Fath 10 »

Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Surat Al-Fath Ayat 9 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Fath Ayat 9 dengan text arab, latin dan artinya. Ditemukan beberapa penafsiran dari kalangan ahli ilmu terkait kandungan surat Al-Fath ayat 9, antara lain seperti terlampir:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8-9. Sesungguhnya Kami mengutusmu (wahai Rasul) sebagai saksi atas umatmu bahwa kamu telah menyampaikan, juga sebagai penjelas bagi mereka tentang apa yang dengannya Kami mengutusmmu kepada mereka, juga sebagai pemberi kabar gembira berupa surga bagi siapa yang menaatimu, juga sebagai pemberi peringatan berupa azab dunia dan akhirat bagi siapa yang mendurhakaimu; agar kalian beriman kepada Allah dan RasulNya, menolong Allah dan menolong agamaNya, mengagungkan Allah, dan bertasbih kepadaNya, di pagi dan petang hari.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

9. Dengan harapan kalian beriman kepada Allah dan beriman kepada Rasul-Nya, mengagungkan Rasul-Nya, meninggikannya dan mensucikan Allah pada permulaan siang dan akhirnya.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. لِّتُؤْمِنُوا۟ بِاللهِ وَرَسُولِهِۦ وَتُعَزِّرُوهُ وَتُوَقِّرُوهُ (supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya)
Yakni agar kalian mengagungkan Rasulullah.
Qatadah berkata: yakni agar kalian menolong dan melindunginya dari setiap orang yang ingin mencelakainya.

وَتُسَبِّحُوهُ(Dan bertasbih kepada-Nya)
Yakni agar kalian menyucikan Allah.

بُكْرَةً وَأَصِيلًا(di waktu pagi dan petang)
Yakni pada setiap pagi dan petang.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

9. Kami mengutusmu dengan risalah ini agar kalian semua beriman kepada Allah semata, Yang tidak ada sekutu baginya. Juga agar beriman kepada pemungkas para nabi. Agar kalian membantu dan memuliakannya, juga agar kalian mensucikan nama Allah dari segala sesuatu yang tidak layak untuk-Nya, baik di waktu pagi maupun sore, atau setiap waktu.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Agar kalian beriman kepada Allah dan RasulNya, menguatkanNya} menolongNya dengan cara menolong agamaNya {membesarkanNya} mengagungkan dan meninggikanNya {dan bertasbih kepadaNya, pagi maupun petang} permulaan dan akhir siang


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

9. Karena itulah diteruskan dengan FirmanNya, “Supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan RasulNya.” Maksudnya, karena dakwah Rasul yang disampaikan pada kalian dan ajarannya terhadap apa yang membawa manfaat bagi kalian, Kami mengutusnya agar kalian beriman kepada Allah dan RasulNya yang mengharuskan untuk menaati Allah dan RasulNya dalam berbagai hal.
“Menguatkannya dan membesarkannya.” Artinya, supaya kalian menguatkan Rasulullah dan mengagungkan dan memuliakannya dengan menunaikan hak-haknya sebagaimana Allah memberikan karunia besar kepada kalian dengan menjaga kalian, “dan bertasbih kepadaNya,” yaitu memahasucikan Allah “di waktu pagi dan petang,” yakni, dipermulaan dan penghujung siang.
Dalam ayat ini Allah menyebutkan hak bersama antara hak Allah dan hak RasulNya, yaitu beriman kepada keduanya, hak yang khusus untuk Rasulullah adalah dengan menolong dan memuliakannya, sedangkan hak yang khusus bagi Allah adalah dengan memahasucikanNya dengan Shalat dan lainnya.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Fath ayat 9: Dan sebagaimana Allah mengutusmu wahai nabi Allah, sebagai saksi atas umatmu dan sebagai pemberi kabar gembira, dan juga pemberi peringatan bagi mereka; Begitu juga Allah mengutusmu untuk berdakwah kepada manusia, yaitu menyeru kepada tauhid dan mengajarkan kepada mereka urusan-urusan agama mereka; Agar mereka beriman kepada Allah dan rasulnya dan agar mereka menolong agama Allah dan mengagungkan rasulnya serta mentaati dan menjalankan hak-haknya; dimana nabi disifati dengan kesempurnaan, disucikan dari kesyirikan dan dari kekurangan baik di awal maupun di akhir. Dan mereka terus menerus bertasbih kepada Allah dan mensucikan-Nya dari apa yang tidak pantas bagi-Nya.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dhamir (kata ganti nama) “nya” bisa kembali kepada Allah atau Rasul-Nya. Jika kembali kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah, agar kamu memuliakan Beliau, menghormatinya, memenuhi hak-haknya karena Beliau memiliki jasa yang besar terhadap kamu.

Dhamir ini kembali kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala.

Syaikh As Sa’diy berkata, “Allah menyebutkan dalam ayat ini hak yang tergabung antara Allah dan Rasul-Nya, yaitu beriman kepada keduanya. Yang khusus bagi Rasul adalah dimuliakan dan dihormati, sedangkan yang khusus bagi Allah adalah mentasbihkan dan mensucikan-Nya baik dengan shalat maupun lainnya.”


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Fath Ayat 9

Aku mengutusmu dengan membawa pesan ini agar kamu semua beriman kepada Allah dan rasul-Nya dengan menaati perintah-Nya, me-nguatkan agama-Nya menghadapi segala musuhnya, dan membesarkan-Nya dengan sungguh-sungguh, dan bertasbih menyucikan kepada-Nya di waktu pagi dan petang, yakni sepanjang waktu. 10. Bahwa orang-orang yang berjanji setia kepadamu, wahai nabi Muhammad, sesungguhnya mereka pada hakikatnya hanya berjanji setia kepada Allah. Karena tujuan berjanji setia kepada rasul adalah untuk menaati perintah Allah. Tangan Allah, yakni kekuasaan-Nya, di atas tangan-tangan mereka, dia akan menolong orang yang berjanji itu dalam melaksanakan janjinya. Maka barangsiapa melanggar janji yang telah diucapkan kepada nabi maka sesungguhnya dia melanggar atas janji sendiri, dan akibat pelanggaran itu akan menimpa diri sendiri; dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah, dan menunaikannya dengan sempurna, maka dia akan memberinya pahala yang besar, yaitu surga.


Dapatkan pahala jariyah dan rahasia rezeki berlimpah, klik di sini sekarang

Demikianlah aneka ragam penjabaran dari beragam ulama mengenai makna dan arti surat Al-Fath ayat 9 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita. Support syi'ar kami dengan memberi backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. al-Fil
  2. An-Nur 2
  3. Ali ‘Imran 159
  4. At-Taubah 122
  5. Al-Isra 23
  6. Al-Ma’idah 2
  7. An-Nahl 114
  8. al-Balad
  9. Luqman 13-14
  10. Al-Ma’idah 32
  11. al-Baqarah
  12. al-Kautsar
  13. Ar-Ra’d 11
  14. ar-Rahman
  15. an-Naba
  16. Al-Isra 1
  17. Al-Hujurat 12
  18. al-‘Ashr
  19. Al-Hujurat 13
  20. al-Mulk
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:

🔗 tafsirweb.com/start

*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: