Daftar Isi > Qaf > Qaf 17

Surat Qaf Ayat 17

إِذْ يَتَلَقَّى ٱلْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ ٱلْيَمِينِ وَعَنِ ٱلشِّمَالِ قَعِيدٌ

Arab-Latin: Iż yatalaqqal-mutalaqqiyāni 'anil-yamīni wa 'anisy-syimāli qa'īd

Artinya: (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.

« Qaf 16Qaf 18 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Qaf Ayat 17

Paragraf di atas merupakan Surat Qaf Ayat 17 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdapat beraneka penjelasan dari beragam ulama berkaitan kandungan surat Qaf ayat 17, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Saat dua malaikat yang disiapkan di kanan dan kirinya mencatat amal-amalnya. Yang kanan menulis kebaikan-kebaikan dan yang kiri menulis keburukan-keburukan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

17. Ketika dua malaikat yang mencatat amal perbuatannya, salah satunya duduk di sebelah kanannya dan yang kedua duduk di sebelah kirinya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

17. إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ (ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan)
Mereka adalah dua malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amal manusia, mereka akan mengawasi apa yang dikatakan dan dilakukan oleh seseorang, kemudian mencatatnya.

وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ(dan yang lain duduk di sebelah kiri)
Yakni yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lainnya duduk di sebelah kiri.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

17. Ingatlah saat dua malaikat yang mendampingi manusia mencatat apa yang dia bicarakan. Salah satunya duduk di sebelah kanan untuk mecatat kebaikannya dan yang lain duduk di sebelah kiri untuk mencatat amal buruknya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{(Ingatlah) ketika duduk} duduk {dua malaikat mencatat} dua malaikat yang ditugaskan mengawasi manusia {di sebelah kanan} duduk {dan di sebelah kiri duduk} duduk


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

17. Begitu juga manusia harus menempatkan para malaikat mulia yang menulis semua amalnya di dalam pikirannya, para malaikat dimuliakan dan dihormati dan selalu waspada untuk tidak berbuat atau berkata sesuatu yang dicatat yang tidak diridhoi oleh Rabb semesta alam. Karena itulah Allah berfirman, “Ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya,” yakni mencatat semua amal manusia, satu berada “di sebelah kanan,” yang mencatat segala amal baik, dan lainnya “di sebelah kiri,” yang mencatat seluruh amal buruk, masing-masing dari kedua malaikat itu terikat untuk tugas tersebut, disiapkan untuk tugasnya yang dipersiapkan untuknya dan tetap senantiasa melakukan tugas itu.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Qaf ayat 17: Allah mengabarkan bawa disana ada 2 malaikat yang mencatat seluruh amalan-amalan seorang hamba, salah satu di antara mereka ada di kanan untuk menulis amalan-amalan kebaikan, dan salah satunya lagi ada di kiri untuk menulis amalan-amalan buruk. Allah tidak membutuhkan pengkabaran atas amalan-amalan yang telah dicatat malaikat dari hamba-nya, akan tetapi Allah yang wajib dibutuhkan oleh makhluk-Nya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang mencatat amal baiknya.

Yang mencatat amal buruknya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Qaf Ayat 17

Ingatlah ketika dua malaikat mencatat perbuatan manusia, yang satu duduk di sebelah kanan, yaitu malaikat yang mencatat kebaikan dan yang lain di sebelah kiri, yaitu malaikat yang mencatat kejahatan. 18. Tidak ada suatu kata yang diucapkannya, yang mengandung keba-ikan maupun kejahatan, melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap mencatat dengan sangat teliti.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian sekumpulan penafsiran dari banyak ahli ilmu terhadap isi dan arti surat Qaf ayat 17 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk ummat. Dukunglah dakwah kami dengan mencantumkan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: