Daftar Isi > Qaf > Qaf 19

Surat Qaf Ayat 19

وَجَآءَتْ سَكْرَةُ ٱلْمَوْتِ بِٱلْحَقِّ ۖ ذَٰلِكَ مَا كُنتَ مِنْهُ تَحِيدُ

Arab-Latin: Wa jā`at sakratul-mauti bil-ḥaqq, żālika mā kunta min-hu taḥīd

Artinya: Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya.

« Qaf 18Qaf 20 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Qaf Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Qaf Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Ditemukan beragam penjelasan dari banyak ulama tafsir mengenai kandungan surat Qaf ayat 19, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sakratul maut dengan kesulitannya datang dengan kebenaran yang tidak bisa ditolak dan tidak bisa berlari darinya. Itulah yang berusaha kamu hindari dan kamu berlari darinya (wahai manusia).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

19. Dan telah datang kerasnya kematian dengan sebenar-benarnya, yang tidak ada tempat lari darinya. Dan itulah yang kamu -wahai manusia yang lalai- selalu berusaha berpaling dan lari darinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

19-22. Orang yang mendustakan ayat-ayat Allah ini didatangi sakaratul maut yang membawa perkara yang sangat menakutkan; perkara berat yang dahulu kamu hindari.

Dan malaikat meniup sangkakala tiupan yang kedua, itulah waktu yang sangat menakutkan, yang merupakan hari yang Allah janjikan kepada orang-orang kafir, dan setiap orang akan digiring oleh malaikat ke padang mahsyar, dan malaikat yang lain menjadi saksi atas apa yang ia lakukan di dunia.

Hai orang yang kafir, sungguh kamu dahulu lalai dari kejadian mengerikan ini, maka sekarang Kami singkap penutup yang dahulu menutupi hati, pendengaran, dan penglihatanmu di dunia; sehingga hari ini penglihatanmu sangat tajam.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. وَجَآءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ (Dan datanglah sakaratul maut)
Yakni datang keras dan sakitnya kematian yang menimpa manusia, yang mengalahkan akal pikirannya.

بِالْحَقِّ ۖ (dengan sebenar-benarnya)
Yakni ketika kematian datang, jelaslah kebenaran yang sesungguhnya. Akan nampak kebenaran kabar tentang kebangkitan, surga, dan neraka yang dikabarkan oleh para Rasul.

ذٰلِكَ (Itulah)
Yakni kematian itu.

مَا كُنتَ مِنْهُ تَحِيدُ (yang kamu selalu lari daripadanya)
Yakni yang selalu kalian jauhi dan hindari.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Telah datang kematian yang sangat menyakitkan dan mengacaukan akal orang kafir tentang hakikat setiap perkara yang diingkarinya berupa perkara akhirat. Itulah kematian yang kamu hindari dan takuti. Saat sakaratul maut, ditampakkan kepada orang kafir itu kebenaran sesuatu yang dibawa oleh para rasul, berupa kabar tentang hari kebangkitan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dan datanglah sakratul maut} kedahsyatan kematian {dengan sebenar-benarnya. Itulah yang dahulu hendak kamu hindari} kalian hindari dan lari


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. Artinya, orang yang lari serta mendustakan ayat-ayat Allah ini didatangi oleh “sakaratul maut yang sebenar-benarnya,” yang tidak bisa ditolak dan dihindari. “Itulah yang kamu selalu lari dari padanya,” yang kau hindari dan lari darinya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Qaf ayat 19: Maka sungguh telah datang kepadamu wahai manusia kesengsaraan dari kematian dan kengerian dengan sebenar-benarnya, yang tidak ada tempat untuk lari darinya, di mana engkau akan berusaha lari dan meloloskan diri darinya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kepada orang yang lalai lagi mendustakan ayat-ayat Allah.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Qaf Ayat 19

Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya, yakni pasti dan tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Datangnya kematian itulah yang dahulu hendak kamu hindari. 20. Dan ditiuplah sangkakala, pada hari kiamat itulah hari yang diancamkan, hari kebangkitan manusia untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah sekumpulan penafsiran dari berbagai ulama terkait makna dan arti surat Qaf ayat 19 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi ummat. Bantu usaha kami dengan memberikan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: