Daftar Isi > Qaf > Qaf 28

Surat Qaf Ayat 28

قَالَ لَا تَخْتَصِمُوا۟ لَدَىَّ وَقَدْ قَدَّمْتُ إِلَيْكُم بِٱلْوَعِيدِ

Arab-Latin: Qāla lā takhtaṣimụ ladayya wa qad qaddamtu ilaikum bil-wa'īd

Artinya: Allah berfirman: "Janganlah kamu bertengkar di hadapan-Ku, padahal sesungguhnya Aku dahulu telah memberikan ancaman kepadamu".

« Qaf 27Qaf 29 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Qaf Ayat 28

Paragraf di atas merupakan Surat Qaf Ayat 28 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan kumpulan penafsiran dari kalangan mufassirun berkaitan isi surat Qaf ayat 28, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah berfirman, “Jangan berdebat di hadiratKu hari ini di tempat perhitungan amal dan balasan, karena hal itu tidak berfaidah, karena Aku sudah memberi peringatan kepada kalian di dunia terhadap siapa yang kafir kepadaKu dan maksiat kepadaKu,


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

28. Allah berfirman, “Janganlah kalian bertengkar di hadapan-Ku, itu tidak ada faedahnya, karena dahulu Aku pernah menunjukkan kepada kalian di dunia apa yang dibawa oleh Rasul-Ku berupa siksa yang pedih bagi orang yang kafir dan berbuat maksiat terhadap-Ku.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

28. قَالَ لَا تَخْتَصِمُوا۟ لَدَىَّ (Allah berfirman: “Janganlah kamu bertengkar di hadapan-Ku)
Yakni pertengkaran antara orang-orang kafir dengan setan-setan yang menyertai mereka.
Allah melarang mereka untuk saling berselisih ketika sedang dihisab.

وَقَدْ قَدَّمْتُ إِلَيْكُم بِالْوَعِيدِ(padahal sesungguhnya Aku dahulu telah memberikan ancaman kepadamu”)
Dengan mengutus para Rasul dan menurunkan kitab-kitab.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

28. Dikatakan kepada mereka berdua: “Kalian jangan saling berdebat di hadapanku saat berada di tempat hisab. Perdebatan itu tidak berguna disini. Dahulu, di dalam kitab dan rasul-rasul telah disampaikan janjiKu tentang azab kepada kalian”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dia berfirman} Allah SWT berfirman {“Janganlah bertengkar di hadapanKu dan sungguh dahulu Aku telah memberikan ancaman kepada kalian


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

28. Allah berfirman seraya menjawab perdebatan di antara mereka, “Janganlah kamu bertengkar di hadapanKu,” artinya, perdebatan kalian di hadapanKu tidak ada gunanya, “padahal,” karena sesungguhnya Aku “telah memberikan ancaman kepadamu.” Artinya, para RasulKu telah mendatangimu dengan berbagai ayat yang menjelaskan dan hujjah serta bukti yang nyata, hujjahKu telah tegak pada kalian sehingga alasan kalian sama sekali tidak berguna, engkau telah memberikan amal-amal yang telah engkau lakukan kepadaKu yang harus diberi balasan.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Qaf ayat 28: Allah berkata janganlah kalian berselisih atas urusan hari ini, hari ini adalah hari pembalasan dan hisab; Maka tidak ada manfaatnya atas perdebatan dan perselisihan kalian. Dan telah berlalu peringatan bagi kalian dan telah diperingatkan kalian ketika di dunia melalui lisan para utusan-Ku yang diutus kepada kalian ketika kalian kufur kepada-Ku dan bermaksiat kepada-Ku.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maksudnya, tidak ada faedahnya kamu bertengkar di hadapan-Ku.

Yaitu dengan azab di akhirat jika kamu tidak beriman. Para rasul telah datang kepadamu memberikan peringatan dengan membawa bukti yang nyata sehingga tegak kepadamu hujjah-Nya, namun kamu malah mengingkari dan menolaknya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Qaf Ayat 28

Kepada setan yang menyertainya itu Allah berfirman, 'janganlah kamu bertengkar di hadapan-ku dan sungguh dahulu aku telah memberikan ancaman kepadamu. Tetapi engkau mengabaikan ancamanku, maka berlakulah hukuman-ku kepadamu. "29. "di hari pembalasan ini, keputusan-ku tidak dapat diubah dan aku tidak menzalimi hamba-hamba-ku. Sekali-kali aku tidak pernah menyiksa orang-orang yang tidak berdosa. ".


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beberapa penjabaran dari kalangan ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Qaf ayat 28 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Support syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: