Surat Qaf Ayat 30

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَوْمَ نَقُولُ لِجَهَنَّمَ هَلِ ٱمْتَلَأْتِ وَتَقُولُ هَلْ مِن مَّزِيدٍ

Arab-Latin: Yauma naqụlu lijahannama halimtala`ti wa taqụlu hal mim mazīd

Artinya: (Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada jahannam: "Apakah kamu sudah penuh?" Dia menjawab: "Masih ada tambahan?"

« Qaf 29Qaf 31 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Berkaitan Dengan Surat Qaf Ayat 30

Paragraf di atas merupakan Surat Qaf Ayat 30 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran menarik dari ayat ini. Terdapat bermacam penafsiran dari para ulama berkaitan makna surat Qaf ayat 30, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sampaikanlah kepada umatmu (wahai Rasul) saat Kami berfirman kepada Neraka Jahanam pada Hari Kiamat, “Apakah kamu sudah penuh?” jahannam menjawab, “Apakah masih ada tambahan dari kalangan jin dan manusia?” maka Tuhan Yang MahaAgung meletakkan Telapak KakiNya padanya, lalu sebagian darinya menyimpit ke sebagian yang lain, dan ia berkata, “Cukup-cukup. Sudah penuh, tidak ada lagi tempat untuk tambahan.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

30. Pada hari ketika Kami berkata kepada neraka Jahanam, “Apakah kamu sudah penuh dengan orang yang dilemparkan kepadamu dari kalangan orang-orang kafir dan para pelaku maksiat?” Maka Neraka menjawab Rabbnya, “Masih adakah tambahan?” sebagai bentuk permintaan terhadap Rabbnya, dan marah karena Rabbnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

29. مَا يُبَدَّلُ الْقَوْلُ لَدَىَّ (Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah)
Yakni janji-Ku tidak akan diingkari, namun pasti akan terjadi; dan Aku telah menetapkan azab bagi kalian, maka itu tidak akan dapat diubah.
Pendapat lain mengatakan bahwa makna ayat ini adalah tidak ada yang dapat berdusta di hadapan-Ku dengan alasan yang banyak maupun sedikit, sebab Aku mengetahui hal ghaib.

وَمَآ أَنَا۠ بِظَلّٰمٍ لِّلْعَبِيدِ(dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku)
Yakni Aku tidak mengazab mereka tanpa dosa yang mereka lakukan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Ingatlah saat kami berkata kepada neraka Jahanam: “Apakah kamu penuh dengan orang-orang yang disiksa? Aku akan memenuhi janjiKu kepadamu” Lalu dia menjawab: “Apakah ada tambahan lagi dari mereka?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari (ketika) Kami bertanya kepada neraka Jahanam, “Apakah kamu sudah penuh” Ia menjawab,“Apakah ada tambahan”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

30. Allah berfirman seraya menakut-nakuti para hambaNya, “(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada Jahanam, ‘Apakah kamu sudah penuh?’” demikian itu karena terlalu banyaknya yang dilemparkan ke dalamnya, “dia menjawab, ‘Masih adakah tambahan?’” artinya, Neraka Jahanam terus meminta agar ditambah dari kalangan orang-orang yang berdosa dan pendurhaka, dengan marah terhadap orang-orang kafir, Allah telah menjanjikan Jahanam akan penuh sebagaimana yang disebutkan dalam Firman Allah :
"sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya." –Hud: 119-
Hingga Rabb Pemilik Keperkasaan meletakkan KakiNya Yang Mulia (Yang Mahasuci dari Keserupaan) dan melebarkan pojok masing-masing, Neraka Jahanam berkata, “Cukup, cukup, aku sudah cukup dan penuh.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 30-35
Allah SWT berfirman kepada neraka Jahanam pada hari kiamat, "Apakah kamu telah penuh?" Demikian itu karena Allah SWT telah berjanji kepadanya bahwa Dia akan memenuhinya dengan jin dan manusia.
Dia memerintahkan untuk mencampakkan ke dalam neraka orang-orang yang Dia kehendaki, sedangkan neraka itu mengatakan, ("Masih adakah tempat tambahan bagiku?") yaitu apakah masih ada yang tersisa untuk ditambahkan kepadaku?. Demikianlah yang tampak dalam konteks ayat ini dan seperti apa yang ditunjukkan oleh banyak hadits.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik dari Nabi SAW yang bersabda: Neraka diisi, dan neraka mengatakan, "Apakah masih ada tambahan?" sehingga akhirnya Allah meletakkan telapak kakiNya ke dalam neraka maka neraka mengatakan, "Cukup, cukup”
Al-Walid bin Muslim meriwayatkan dari Yazid bin Abu Maryam, bahwa dia pernah mendengar Mujahid berkata bahwa masih terus-menerus dimasukkan ke dalam neraka hingga neraka neagatakan, "Aku telah penuh" dan mengatakan, ("Masih adakah tempat tambahan bagiku?"). Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Zaid bin Aslam pendapat yang serupa. Menurut mereka, makna firman Allah SWT: (Apakah kamu sudah penuh?) hanyalah sesudah Allah SWT meletakkan telapak kakiNya di dalamnya, maka neraka menjadi surut dan saat itu ia mengatakan, "Masih adakah bagiku suatu tempat untuk ditambahkan kepadaku?" Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa yang demikian itu dikatakan ketika tidak ada suatu tempat pun di dalam neraka yang dapat memuat sebatang jarum, hanya Allah yang lebih Mengetahui.
Firman Allah SWT: (Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka) (31)) Qatadah berkata bahwa makna (uzlifat) adalah didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa (pada tempat yang tiada jauh (dari mereka)) Demikian itu pada hari kiamat. Dan dikatakan “tidak jauh” karena pasti terjadi, dan setiap yang akan terjadi maka itu dekat (Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali) yaitu kembali bertaubat dan tidak mengulangi (lagi memelihara) memelihara janji, tidak pernah merusaknya dan tidak pula menyalahinya.
(dan dia datang dengan hati yang bertaubat) yaitu bertemu dengan Allah SWT di hari kiamat nanti dengan hati yang bertaubat, berserah diri, dan tunduk di hadapanNya (masukilah surga itu dengan aman)
Firman Allah: (itulah hari kekekalan) yaitu mereka kekal di dalam surga, dan tidak akan mati selamanya, tidak akan pergi darinya serta tidak mau pindah darinya. Firman Allah: (Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki) yaitu, bagaimanapun yang mereka minta, maka mereka langsung mendapatkannya, yaitu berbagai macam kesenangan dan kenikmatan, ketika mereka memintanya langsung disuguhkan kepada mereka.
Firman Allah SWT: (dan pada sisi Kami ada tambahannya) sebagaimana firmanNya: (Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya) (Surah Yunus: 26) Telah disebutkan dalam hadits shahih Muslim dari Shuhaib bin Sinan Ar-Rumi bahwa itu memandang kepada Allah SWT yang Maha Mulia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Qaf ayat 30: Ingatlah wahai nabi Allah, pada hari di mana kami berkata kepada jahanam: Apakah sudah penuh? Maka neraka menjawab: Apakah ada lagi tambahan wahai Rabbku dari manusia atau jin? neraka menjawab dengan penuh adab. Maka pada keadaan ini di mana Allah mengetahui bahwasannya jahanam belum penuh sehingga meletakkan kakinya ke dalam neraka, dan neraka berkata: cukup cukup.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menakut-nakuti hamba-hamba-Nya.

Hal ini karena banyak sekali orang yang dilemparkan ke dalamnya.

Neraka Jahanam senantiasa meminta tambahan dari para pelaku dosa dan maksiat karena marah kepada orang-orang kafir, dimana marahnya dilakukan karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala, sehingga Allah meletakkan kaki-Nya yang mulia ke neraka, maka neraka itu berhimpit sambil berkata, “Cukup-cukup,” yakni aku telah penuh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Qaf Ayat 30

Ingatlah pada hari ketika orang kafir ditetapkan masuk neraka, kami, Allah dan para malaikat-Nya bertanya kepada jahanam, 'apakah kamu sudah penuh oleh para pendurhaka'' ia menjawab, 'masih adakah tambahan'' ayat ini menunjukkan betapa luas dan dalamnya neraka jahanam. Jin dan manusia dilemparkan ke dalamnya sehingga penuh sesak. 31. Setelah ayat yang lalu menjelaskan keadaan orang kafir dan neraka yang akan dihuninya, selanjutnya ayat ini menjelaskan keadaan orang yang bertakwa dan kenikmatan yang dijanjikan Allah kepada mereka. Sedangkan surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa, yang mantap ketakwaannya, pada tempat yang tidak jauh dari mereka. Me-reka dapat melihat kenikmatan dan kelezatan yang disediakan untuk mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penafsiran dari berbagai mufassirun berkaitan isi dan arti surat Qaf ayat 30 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Sokong kemajuan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dikaji

Kami memiliki ratusan materi yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 156, Al-Kautsar 2, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Luqman 12, An-Nahl, At-Taubah 103. Juga Al-Baqarah 255, Yusuf 87, Az-Zalzalah 7-8, Ali ‘Imran 173, At-Talaq 3, An-Nahl 97.

  1. Al-Baqarah 156
  2. Al-Kautsar 2
  3. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  4. Luqman 12
  5. An-Nahl
  6. At-Taubah 103
  7. Al-Baqarah 255
  8. Yusuf 87
  9. Az-Zalzalah 7-8
  10. Ali ‘Imran 173
  11. At-Talaq 3
  12. An-Nahl 97

Pencarian: surat yasin ayat 70, ayat 31 surat yusuf, ad dhuha ayat 8, ali imran 12, al mukminun ayat 13

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: