Daftar Isi > Qaf > Qaf 41

Surat Qaf Ayat 41

وَٱسْتَمِعْ يَوْمَ يُنَادِ ٱلْمُنَادِ مِن مَّكَانٍ قَرِيبٍ

Arab-Latin: Wastami' yauma yunādil-munādi mim makāning qarīb

Artinya: Dan dengarkanlah (seruan) pada hari penyeru (malaikat) menyeru dari tempat yang dekat.

« Qaf 40Qaf 42 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Qaf Ayat 41

Paragraf di atas merupakan Surat Qaf Ayat 41 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan kumpulan penjabaran dari kalangan ahli ilmu terkait makna surat Qaf ayat 41, sebagiannya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

41-42. Dengarkanlah (wahai Rasul) hari di mana malaikat memanggil dengan meniup sangkakala dari tempat yang dekat. Hari itu mereka mendengar teriakan kebangkitan yang benar, yang tidak ada kebimbangan dan keraguan padanya, itu adalah hari keluarnya penghuni-penghuni kubur dari kubur mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

41. Dan dengarkanlah -wahai Rasul- tiupan kedua pada hari ketika malaikat yang ditugaskan untuk meniup sangkakala menyeru dari tempat yang dekat.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

41. وَاسْتَمِعْ يَوْمَ يُنَادِ الْمُنَادِ (Dan dengarkanlah (seruan) pada hari penyeru (malaikat) menyeru)
Yakni ketika malaikat Israfil meniup sangkakala pada kedua kalinya.
Pendapat lain mengatakan ketika itu malaikat Israfil meniup sangkakala dan malaikat Jibril menyeru orang-orang yang ada di padang mahsyar “Kemarilah untuk menjalankan hisab”

مِن مَّكَانٍ قَرِيبٍ(dari tempat yang dekat)
Yakni dari tempat yang seruannya dapat terdengar oleh seluruh penghuni padang mahsyar.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

41. Wahai Nabi, simaklah apa yang yang dikabarkan kepadamu tentang kejadian kiamat. Yaitu hari dimana penyeru memanggil-manggil, yaitu malaikat Israfil dengan tiupan keduanya untuk menghidupkan semua jiwa atau malaikat Jibril yang memanggil penghuni padang mahsyar. “Ayo kemari kalian, untuk dihisab!” Dari tempat yang sangat dekat, seluruh makhluk mendengarnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dengarkanlah pada hari (ketika) penyeru} malaikat yang ditugaskan untuk meniup Sangkakala yaitu Israfil AS {memanggil dari tempat yang dekat} di dekat Baitul Maqdis


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

41. “Dan dengarkanlah,” dengan hatimu seruan malaikat yang menyeru, dia adalah malaikat Israfil ketika meniup sangkakala, “dari tempat yang dekat,” yaitu di bumi.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Qaf ayat 41: Dengarlah wahai Nabi pada hari ditiupnya sangkakala untuk kebangkitan, yang didengar atas seluruh makhluk.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu malaikat Israfil.

Dengan bumi.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Qaf Ayat 41

Dan dengarkanlah seruan pada hari kiamat, ketika penyeru, yaitu malaikat israfil, menyeru dari tempat yang dekat, sehingga mudah terdengar oleh sekalian makhluk, agar mereka berkumpul di padang mahsyar untuk dihisab dan menerima pembalasan. 42. Yaitu pada hari ketika mereka mendengar suara dahsyat dengan sebe-narnya. Itulah hari keluar dari kubur.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah beragam penjelasan dari banyak ahli tafsir terkait kandungan dan arti surat Qaf ayat 41 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita bersama. Dukung dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: