Daftar Isi > Qaf > Qaf 43

Surat Qaf Ayat 43

إِنَّا نَحْنُ نُحْىِۦ وَنُمِيتُ وَإِلَيْنَا ٱلْمَصِيرُ

Arab-Latin: Innā naḥnu nuḥyī wa numītu wa ilainal-maṣīr

Artinya: Sesungguhnya Kami menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada Kami-lah tempat kembali (semua makhluk).

« Qaf 42Qaf 44 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Qaf Ayat 43

Paragraf di atas merupakan Surat Qaf Ayat 43 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Ada beragam penjabaran dari berbagai pakar tafsir berkaitan kandungan surat Qaf ayat 43, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

43-44. Sesungguhnya Kami menghidupkan makhluk dan mematikan mereka di dunia. Hanya kepada Kami tempat kembali mereka semuanya di Hari Kiamat untuk perhitungan amal dan pembalasan. Hari itu bumi terbelah dan mengeluarkan orang-orang yang mati yang dikubur di dalamnya, mereka keluar dengan cepat kepada penyeru. Pengumpulan mereka semuanya di tempat perhitungan amal adalah suatu yang mudah bagi Kami.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

43. Sesungguhnya Kami menghidupkan dan mematikan, tidak ada yang mampu menghidupkan dan mematikan selain Kami, dan hanya kepada Kami lah kembalinya para hamba pada hari Kiamat untuk perhitungan dan pembalasan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

43-44. Sungguh Kami -dengan keagungan dan kekuasaan Kami yang sempurna- dapat menghidupkan orang yang telah mati dan mematikan orang yang masih hidup di dunia. Dan kepada Kami mereka kembali pada hari kiamat untuk menjalani hisab; pada hari tanah terbelah mengeluarkan orang-orang mati dari kubur mereka, lalu mereka keluar dengan segera menuju sang penyeru. Itulah proses pengeluaran yang besar. Pembangkitan dan pengumpulan mereka merupakan hal yang mudah bagi Kami.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

43. Sesungguhnya kami menghidupkan makhluk mati dan mematikan makhluk hidup. Hanya kepada kamilah tempat kembali (mereka) itu, agar kami dapat membalas seluruh makhluk atas perbuatan mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya Kamilah yang menghidupkan dan mematikan dan kepada Kamilah (semuanya) kembali} kembali


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

43-44. Karena itulah Allah berfirman, ”Sesungguhnya Kami menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada Kami-lah tempat kembali (semua makhluk). (Yaitu) pada hari bumi terbelah-belah menampakkan mereka,” menampakkan semua manusia “dengan cepat,” di mana mereka bersegera memenuhi panggilan yang memanggil mereka untuk menuju tempat pemberhentian pada hari Kiamat. “Yang demikian itu adalah pengumpulan yang mudah bagi Kami,” artinya, mudah bagi Allah, tidak ada kelelahan dalam melakukannya dan tidak ada beban.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Qaf ayat 43: Allah menjelaskan apa yang menunjukkan kekuasaan-Nya, Allah mengabarkan bahwasanya Dialah yang menghidupkan makhluk dan mematikannya di dunia ketika telah datang ketetapan ajalnya. Dan kepadanyalah saja kembalinya hisab dan balasan di akhirat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Qaf Ayat 43

Sungguh, kami yang menghidupkan manusia di dunia dan mematikan manusia pada waktu yang ditentukan, dan kepada kami tempat kembali semua makhluk untuk menerima pembalasan atas amal perbuatannya. 44. Yaitu pada hari ketika bumi terbelah, mereka keluar dari kubur dengan cepat menuju ke padang mahsyar. Yang demikian itu adalah pengumpulan bagi sekalian manusia yang mudah bagi kami.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian kumpulan penafsiran dari beragam mufassir terhadap makna dan arti surat Qaf ayat 43 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Bantu dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: