Surat Az-Zariyat Ayat 31

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

۞ قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ أَيُّهَا ٱلْمُرْسَلُونَ

Arab-Latin: Qāla fa mā khaṭbukum ayyuhal-mursalụn

Artinya: Ibrahim bertanya: "Apakah urusanmu hai para utusan?"

« Az-Zariyat 30Az-Zariyat 32 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Surat Az-Zariyat Ayat 31

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zariyat Ayat 31 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan mendalam dari ayat ini. Ada beraneka penafsiran dari berbagai pakar tafsir terkait makna surat Az-Zariyat ayat 31, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

31-34. Ibrahim berkata kepada para malaikat Allah, “Apa urusan kalian dana pa tugas yang kalian bawa?” mereka menjawab, “Sesungguhnya Allah mengutus kami kepada suatu kaum yang berbuat jahat dengan kekafiran mereka kepada Allah. kami akan menghancurkan mereka dengan tanah liat yang membatu yang ditandai dari Tuhanmu untuk orang-orang yang melebihi batas dalam kedurjanaan dan kedurhakaan itu.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

31-37. Ibrahim berkata kepada para malaikat: “Apa tujuan kalian datang ke sini wahai para utusan?”

Mereka menjawab: “Allah mengutus kami menuju kaum yang melakukan dosa besar, agar kami menghancurkan mereka dengan batu yang berasal dari tanah yang mengeras; batu-batu itu telah diberi tanda atas orang-orang yang selalu berbuat dosa keji. Dan kami akan mengeluarkan dari negeri itu orang-orang yang beriman kepada Nabi Luth. Kami tidak menemukan rumah orang yang berserah diri kepada Allah yang ada di dalam negeri itu selain rumah Nabi Luth. Kemudian kami hancurkan negeri itu dan kami sisakan bekas-bekas kehancurannya sebagai pelajaran bagi orang-orang yang takut terhadap azab yang pedih.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

31. Ibrahim berkata kepada Malaikat, “Apa urusan kalian? Apa yang menjadi tujuan kalian ?”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

31. Ibrahim bertanya kepada para malaikat: “Apa ada sesuatu yang penting wahai para malaikat yang diutus? perkara apa yang hendak kalian sampaikan?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dia berkata,“Apa urusan kalian} apa urusan kalian {wahai para utusan”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

31. “Ibrahim bertanya, ‘Apakah urusanmu hai para utusan’.” Yakni Nabi Ibrahim bertanya kepada mereka, “Apa keperluan kalian wahai para utusan, dan apa yang kalian inginkan?” karena Nabi Ibrahim merasa bahwa para tamunya itu adalah utusan yang di utus oleh Allah untuk suatu keperluan penting.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 31-37
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Ibrahim (Maka tatkala rasa takut hilang dari Ibrahim dan berita gembira telah datang kepadanya, dia pun bersoal jawab dengan (malaikat-malaikat) Kami tentang kaum Luth (74) Sesungguhnya Ibrahim itu benar-benar seorang yang penyantun lagi pengiba dan suka kembali kepada Allah (75) Hai Ibrahim, tinggalkanlah soal jawab ini, sesungguhnya telah datang ketetapan Tuhanmu, dan sesungguhnya mereka itu akan didatangi azab yang tidak dapat ditolak (76)) (Surah Hud) dan di sini Allah berfirman: (Ibrahim bertanya, “Apakah urusanmu, hai para utusan?” (31)) yaitu apakah urusan kalian? dan apakah yang menyebabkan kalian datang? (Mereka menjawab, "Sesungguhnya kami diutus kepada kaum yang berdosa (32)) yang mereka maksud adalah kaum nabi Luth (agar kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah (yang keras) (33) yang ditandai) yaitu diberi tanda (di sisi Tuhanmu untuk (membinasakan) orang-orang yang melampaui batas”) yaitu dicatatkan pada setiap batu nama orang yang akan dikenainya. Allah berfirman dalam surah Al-'Ankabut: (Berkata Ibrahim, "Sesungguhnya di kota itu ada Lut.” Para malaikat berkata, "Kami lebih mengetahui siapa yang ada di kota itu. Kami sungguh-sungguh akan menyelamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali istrinya. Dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)" (32)) (Surah Al-'Ankabut) di sini Allah berfirman: (Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu (35)) Mereka adalah nabi Luth dan ahli baitnya kecuali istrinya (Dan Kami tidak mendapati di negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang-orang yang berserah diri (36)) Firman Allah SWT: (Dan Kami tinggalkan pada negeri itu suatu tanda bagi orang-orang yang takut kepada siksa yang pedih (37)) yaitu Kami menjadikannya sebagai pelajaran bagi yang lainnya tentang azab, pembalasan, dan batu dari tanah yang keras yang Kami timpakan kepada mereka, dan Kami menjadikan bekas tempat mereka danau yang berbau busuk dan kotor. Dalam hal itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang beriman (bagi orang-orang yang takut kepada siksa yang pedih)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zariyat ayat 31: Akan tetapi Ibrahim dengan banykanya malaikat yang berkunjung, ia merasakan bahwa mereka para malaikat dibebankan dengan urusan yang besar dengan membawa kabar baik ini. Maka Ibrahim bertanya kepada mereka setelah disampaikannya kabar gembira ini dengan berkata : Kabar apa yang kalian bawa wahai para malaikat, dan apa urusan yang kalian bawa, serta kepada siapa kalian diutus ?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni apa urusan dan tujuan kamu? Hal itu, karena Beliau merasaan bahwa mereka (para tamu) itu adalah utusan Allah, dimana Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengutus mereka untuk urusan penting.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zariyat Ayat 31

Usai menjelaskan kedatangan para malaikat pemberi kabar gembira kepada nabi ibrahim tentang akan lahirnya seorang anak yang alim, pada ayat berikut Allah menerangkan bahwa dengan pengetahuannya sebagai seorang rasul, nabi ibrahim menduga para malaikat itu datang dengan tujuan lain. Dia berkata, 'apakah urusanmu yang penting, yang dengannya Allah menugaskanmu untuk datang ke wilayah ini, wahai para utusan yang mulia''32-34. Mendapat pertanyaan dari nabi ibrahim, mereka menjawab, 'sesungguhnya kami diutus kepada kaum nabi lut yang sebagian anggotanya adalah orang yang berdosa dan terang-terangan tanpa malu berbuat homoseksual. Kami datang agar kami menimpa mereka yang berdosa dengan batu-batu dari tanah yang keras, yang sudah ditandai dari tuhanmu yang dipersiapkan untuk membinasakan orang-orang yang melampaui batas ajaran-ajaran Allah. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjabaran dari banyak ahli ilmu mengenai makna dan arti surat Az-Zariyat ayat 31 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita bersama. Bantu usaha kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Tersering Dicari

Nikmati berbagai halaman yang tersering dicari, seperti surat/ayat: Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Az-Zalzalah 7-8, An-Nahl, An-Nahl 97, Al-Baqarah 255, Ali ‘Imran 173. Ada pula Yusuf 87, At-Talaq 3, Al-Kautsar 2, Luqman 12, At-Taubah 103, Al-Baqarah 156.

  1. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  2. Az-Zalzalah 7-8
  3. An-Nahl
  4. An-Nahl 97
  5. Al-Baqarah 255
  6. Ali ‘Imran 173
  7. Yusuf 87
  8. At-Talaq 3
  9. Al-Kautsar 2
  10. Luqman 12
  11. At-Taubah 103
  12. Al-Baqarah 156

Pencarian: surat al baqarah ayat 155-157 latin, surat at taubah ayat 112, al an am 103 barang hilang, al-fatihah ayat 2, surat dzalikal kitabu la raiba fihi

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: