Surat Az-Zariyat Ayat 47

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱلسَّمَآءَ بَنَيْنَٰهَا بِأَيْي۟دٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ

Arab-Latin: Was-samā`a banaināhā bi`aidiw wa innā lamụsi'ụn

Artinya: Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa

« Az-Zariyat 46Az-Zariyat 48 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Az-Zariyat Ayat 47

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zariyat Ayat 47 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran berharga dari ayat ini. Didapatkan kumpulan penjelasan dari berbagai ahli tafsir mengenai kandungan surat Az-Zariyat ayat 47, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kami juga menciptakan langit dengan sangat bagus. Kami menjadikan langit sebagai atap bagi bumi dengan kekuatan dan kuasa besar. Sesungguhnya Kami melapangkan penjuru-penjuru dan sisi-sisinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

47-49. Allah mengabarkan kekuasaan-Nya yang besar dan kenikmatannya yang melimpah: Dan Kami menciptakan langit dengan kekuatan dan kekuasaan Kami Yang Maha Besar, dan Kami yang meluaskan penjuru-penjurunya. Dan Kami menjadikan bumi luas terbentang bagi para makhluk. Kami adalah sebaik-baik pencipta; Kami menciptakan setiap makhluk dengan dua jenis yang berbeda, agar kalian mengingat kuasa dan keagungan Allah dalam menciptakan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

47. Dan langit itu Kami bangun dan Kami kokohkan pembangunannya dengan kekuatan. Dan sesungguhnya Kami menguasai ujung-ujungnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

47. وَالسَّمَآءَ بَنَيْنٰهَا بِأَيْي۟دٍ (Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami))
Yakni dengan kekuatan dan kekuasaan Kami.

وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ(dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa)
Yakni Kami telah meluaskan langit itu dengan seluas-luasnya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Seorang mutadabbir berkata:

Tiga ayat yang mengubah hidup saya dan menuntun hati saya kepada Islam:
{ وَٱلسَّمَآءَ بَنَيْنَٰهَا بِأَيْي۟دٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ } "Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa".

{ ... أَوَلَمْ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَٰهُمَا } "Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya..." [Q.S. Al-Anbiya' : 30]

{ أَلَمْ نَجْعَلِ ٱلْأَرْضَ مِهَٰدًا } "Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?" { وَٱلْجِبَالَ أَوْتَادًا } "dan gunung-gunung sebagai pasak?" [Q.S. An-Naba' : 6-7]

Tidak ada seorang pun yang dapat menemukan fakta-fakta ini 14 abad yang lalu. Tidak diragukan lagi ada kekuatan ilahi di baliknya....Hal ini membawa saya menyelami kedalaman Al-Qur'an. Hingga saya menemukan sejumlah fakta yang menerangi jalan bagi saya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

47. Langit itu, Kami telah membangunnya dengan kekuatan dan kuasa Kami. Sesungguhnya Kami mampu menciptakannya dan sesuatu yang serupa dengannya. Kami melakukan segala sesuatu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{dan Langit Kami bangun dengan tangan} kekuatan {dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskan} segala penjurunya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

47. Allah berfirman menjelaskan KuasaNya yang agung, “Dan langit itu Kami bangun,” artinya, Kami ciptakan, Kami sempurnakan dan Kami jadikan atap untuk bumi dan apa pun yang berada di atas bumi, “dengan tangan-tangan (Kami),” yakni, dengan kekuatan KUasa yang besar, “dan sesungguhnya Kami benar meluaskannya,” sisi-sisi dan arah-arahnya, dan sesungguhnya Kami juga meluaskan untuk hamba-hamba Kami dengan rizki yang mana Allah tidak meninggalkan satu binatang pun di dalam sarangnya, binatang yang berada di gelombang samudra dan yang berada di seluruh kawasan bumi, baik di daratan tinggi maupun rendah, melainkan rizki yang mencukupinya pasti sampai padanya, kebaikan Allah yang mencukupinya sampai padanya. Mahasuci Dzat yang kemuliaanNya mencakup seluruh makhluk, Mahasuci Dzat yang rahmatNya meliputi seluruh manusia.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 47-51
Allah SWT berfirman seraya mengingatkan tentang penciptaan alam atas dan alam bawah (Dan langit itu Kami bangun) yaitu, Kami menjadikannya sebagai atap yang terpelihara dan tinggi (dengan kekuatan (Kami)) yaitu dengan kekuatan. Pendapa ini dikatakan Ibnu Abbas, Mujahid dan Qatadah, (dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya) yaitu, Kami meluaskan dan meninggikannya tanpa tiang-tiang pemancang yang menopangnya, sebagaimana (Dan bumi itu Kami hamparkan) Kami menjadikan bumi sebagai hamparan untuk semua makhluk (maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami)) yaitu Kami menjadikannya layak untuk dihuni penduduknya (Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan) Semua makhluk itu berpasang-pasangan, bumi dan langit, malam dan siang, matahari dan bulan, daratan dan lautan, terang dan gelap, keimanan dan kekafiran, kematian dan kehidupan, celaka dan bahagia, serta surga dan neraka, sampai semua makhluk hidup dan tumbuhan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (supaya kamu mengingat) yaitu agar kalian mengetahui bahwa Tuhan yang Maha Pencipta semuanya itu Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya (Maka segeralah kembali kepada (menaati Allah)) yaitu, berlindunglah dan berpeganglah terguhlah kepadaNya dalam semua urusan kalian (Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu (50) Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah) yaitu janganlah menyekutukan Dia dengan sesuatu pun (Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zariyat ayat 47: 47-48. Alla mengabarkan bahwa Dialah yang mengokohkan langit dengan kuasa dan kemampuan-Nya, dan meluaskan dengan sangat luas, dan Allah mampu meluaskan yang lebih dari itu. Allahlah yang menghamparkan bumi dan meratakannya, dan menjadikannya seperti tempat tidur atau ranjang agar manusia dapat mengambil manfaat dalam kehidupannya dan untuk tempat tinggal bagi mereka. Kemudian Allah memuji atas diri-Nya dengan berkata : Sebaik-baik yang menghamparkan adalah Kami. Maka sungguh benar Alla; Dialah yang melakukan sesuatu yang Dia kehendaki.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menerangkan kekuasaan Allah yang besar.

Yakni meluaskan penjuru-penjuru dan ujung-ujungnya serta meluaskan rezeki kepada hamba-hamba-Nya sehingga tidak ada satu makhluk hidup pun yang tinggal di bumi dan di laut serta di penjuru alam kecuali Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyampaikan rezeki-Nya yang cukup buatnya serta memberikan ihsan-Nya yang mencukupkannya.

Maka Mahasuci Allah yang meratakan kemurahan-Nya ke segenap makhluk-Nya dan Maha banyak berkah Tuhan yang rahmat-Nya mengena kepada segala sesuatu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zariyat Ayat 47

Tidak hanya berkuasa mengazab umat yang durhaka dan ingkar pada ajaran nabi, Allah juga kuasa menciptakan langit dan alam semesta. Dan langit yang terhampar luas di atas kepalamu itu kami bangun dengan kekuasaan kami yang mahadahsyat dan mahasempurna, dan kami benar-benar memiliki kekuasaan yang tidak terbatas sehingga tidak ada yang dapat menghalangi kami untuk meluaskannya. 48. Dan bumi kami hamparkan seluas-luasnya untuk menjadi tempat tinggal manusia dan makhluk lain; maka dengan bukti-bukti itu nyatalah bahwa kami adalah sebaik-baik yang telah menghamparkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Az-Zariyat ayat 47 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita bersama. Support kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dikunjungi

Tersedia banyak materi yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Isra 23, Al-Ma’idah 2, Yunus 40-41, Ali Imran, Al-Baqarah 286, Az-Zalzalah. Ada pula At-Takatsur, An-Nur 2, Al-Hujurat 12, Asy-Syams, Al-Baqarah 83, Al-Mujadalah 11.

  1. Al-Isra 23
  2. Al-Ma’idah 2
  3. Yunus 40-41
  4. Ali Imran
  5. Al-Baqarah 286
  6. Az-Zalzalah
  7. At-Takatsur
  8. An-Nur 2
  9. Al-Hujurat 12
  10. Asy-Syams
  11. Al-Baqarah 83
  12. Al-Mujadalah 11

Pencarian: surat 12 ayat 25, al qamar 49, alhamdulillah hirobbil alamin artinya, surat inna anzalnahu fi lailatil qadr, qs az zumar ayat 39

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: