Surat Az-Zariyat Ayat 54

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَتَوَلَّ عَنْهُمْ فَمَآ أَنتَ بِمَلُومٍ

Arab-Latin: Fa tawalla 'an-hum fa mā anta bimalụm

Artinya: Maka berpalinglah kamu dari mereka dan kamu sekali-kali tidak tercela.

« Az-Zariyat 53Az-Zariyat 55 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Surat Az-Zariyat Ayat 54

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zariyat Ayat 54 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi tafsir mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi variasi penjabaran dari kalangan ahli tafsir terkait isi surat Az-Zariyat ayat 54, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Karena itu, berpalinglah (wahai Rasul) dari orang-orang musyrik itu hingga datang kepadamu keputusan Allah tentang mereka. Kamu tidak disalahkan oleh siapapun, karena kamu sudah menunaikan tugas risalah yang diembankan kepadamu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

54-55. Hai Rasulullah, berpalinglah dari mereka dan janganlah kamu mencela dan menyalahkan dirimu sendiri. Tetaplah memberi peringatan dengan al-Qur’an, karena peringatan itu akan bermanfaat bagi orang-orang yang beriman kepada Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

24. Maka berpalinglah -wahai Rasul- dari orang-orang yang mendustakan tersebut. Engkau tidak tercela karena telah menyampaikan apa yang engkau diutus untuk menyampaikannya kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

54. Maka jauhilah mereka wahai Nabi, jangan berdebat dan berkelahi dengan mereka. Kamu tidak akan dicela jika menjauh dari mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Berpalinglah} berpalinglah {dari mereka, maka kamu bukan orang yang tercela


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

54. Allah berfirman seraya memerintahkan RasulNya agar menjauh dari orang-orang yang berpaling serta mendustakan, “Maka berpalinglah kamu dari mereka.” Artinya, jangan pedulikan mereka dan fokuslah, perhatikan urusanmu karena engkau tidak akan dicela karena dosa mereka, karena tugasmu hanyalahsebagai penyampai, engkau telah menunaikan kewajibanmu dan telah menyampaikan apa yang diutuskan padamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 52-60
Allah SWT berfirman seraya menghibur NabiNya SAW bahwa sebagaimana orang-orang musyrik itu berkata kepadamu, orang-orang yang mendustakan para rasulNya terdahulu juga mengatakannya (Demikianlah tidak seorang rasul pun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka, melainkan mereka mengatakan, "Ia adalah seorang tukang sihir atau orang gila” (52)) Kemudian Allah berfirman (Apakah mereka saling berpesan tentang apa yang dikatakan itu?) yaitu apakah sebagian dari mereka saling berpesan dengan sebagian yang lain tentang ucapan itu? (Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas) Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas, hati mereka sama saja. Jadi orang-orang yang terakhir dari mereka mengatakan hal yang sama dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang sebelum mereka. Allah SWT berfirman: (Maka berpalinglah kamu dari mereka) yaitu wahai Muhammad, berpalinglah dari mereka (dan kamu sekali-kali tidak tercela) yaitu, Kami tidak mencelamu dengan itu (Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman (55)) yaitu sesungguhnya yang dapat menerima manfaat peringatan itu hanya­lah orang-orang yang hatinya beriman. Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku (56)) Sesungguhnya Aku menciptakan mereka agar Aku memerintahkan mereka untuk menyembahKu, bukan karena Aku membutuhkan mereka.
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (melainkan supaya mereka menyembah-Ku) yaitu agar mereka mengakui penyembahan mereka kepadaKu, baik dengan sukarela maupun terpaksa. Demikianlah menurut apa yang dipilih Ibnu Jarir. Ibnu Juraij berkata bahwa makna yang dimaksud adalah melainkan supaya mereka mengenalKu.
Firman Allah SWT: (Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan (57) Sesungguhnya Allah, Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh (58))
Firman Allah SWT: (Maka sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada bagian) yaitu bagian dari azab (seperti bagian teman-teman mereka (dahulu); maka janganlah mereka meminta kepada-Ku menyegerakannya) yaitu, maka janganlah mereka meminta untuk menyegerakan hal itu, karena sesungguhnya hal itu pasti akan terjadi (Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang kafir pada hari yang diancamkan kepada mereka (60)) yaitu hari kiamat.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zariyat ayat 54: 54-55. Allah memerintahkan Nabi-Nya ﷺ agar mengabaikan mereka orang-orang yang mendustakan dan keras kepala dan jangan menghiraukan mereka, karena ia adalah musuh bagi urusan mereka sendiri; Dimana telah sampai kerisalahan dan tertunaikan amanh dan telah datang penasihat bagi umat, oleh karena janganlah engkau kecam seorangpun. Kemudian Allah memerintahkan untuk menasihatkan dengan Al Qur’an ini bagi siapa yang beriman dan mengikutinya, karena sebab hati mereka luluh dengan Al Qur’an ini. Maka dengan peringatan dan nasihat bermanfaat bagi ahli iman, dan barangsiapa yang Allah menginginkan kebaikan, Allah akan berikan petunjuk dan memberbaiki hatinya dan menunjuki agar mengikuti Al Qur’an yang agung ini.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan Rasul-Nya Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam untuk berpaling dari orang-orang yang mendustakan.

Yakni jangan pedulikan mereka, jangan hukum mereka dan kerjakanlah urusanmu.

Karena engkau telah menyampaikan risalah kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zariyat Ayat 54

Wahai nabi Muhammad, mereka tidak akan berhenti mengingkarimu, maka berpalinglah engkau dari mereka. Biarkan mereka mencercamu, tetapi teruskan perjuanganmu mengajak mereka ke jalan Allah. Dan berkat keteguhan sikapmu dalam berdakwah, engkau sama sekali tidak keliru dan tidak pula tercela karena penolakan dan keingkaran mereka. 55. Wahai nabi Muhammad, dengan anugerah Allah, istikamahlah dalam dakwahmu dan tetaplah memberi peringatan kepada umatmu. Kalau orang-orang kafir itu tidak memperoleh faedah dari dakwahmu akibat penolakan mereka, jangan berputus asa karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang mukmin dan hal itu akan selalu menambah keyakinan mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penjelasan dari para ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Az-Zariyat ayat 54 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita. Dukung usaha kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dibaca

Kami memiliki banyak konten yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 156, Az-Zalzalah 7-8, Al-Baqarah 255, At-Taubah 103, Ali ‘Imran 173, Luqman 12. Juga An-Nahl 97, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Al-Kautsar 2, An-Nahl, At-Talaq 3, Yusuf 87.

  1. Al-Baqarah 156
  2. Az-Zalzalah 7-8
  3. Al-Baqarah 255
  4. At-Taubah 103
  5. Ali ‘Imran 173
  6. Luqman 12
  7. An-Nahl 97
  8. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  9. Al-Kautsar 2
  10. An-Nahl
  11. At-Talaq 3
  12. Yusuf 87

Pencarian: artinya surah al fil, arti dari lakum dinukum waliyadin, alhamdulillahirobbilalamin arab, bismillahirrahmanirrahim adalah bacaan, 159

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: